Roket Milik Start Up Skotlandia Berhasil Mengudara

Kamis, 18 Juni 2020 - 07:32 WIB
loading...
Roket  Milik Start Up Skotlandia Berhasil Mengudara
Start up bernama Skyrora asal Skotlandia ini memiliki roket hanya setinggi 6 kaki atau sekitar 2 meter. Roket yang dinamakan Skylark Nano itu berhasil lepas landas di Fethaland di North Roe, Shetland, Skotlandia. FOTO/ IST
A A A
EDINBURGH - Kesuksesan SpaceX membuat roket Falcon 9 mengudara di angkasa, sepertinya membangkitkan rasa percaya diri bagi perusahaan serupa lainnya. Bukan tidak mungkin mereka juga bisa membuat roket ke angkasa.

Misalnya sebuah perusahaan rintisan asal Edinburgh, Skotlandia, yang berhasil meluncurkan roket mungil miliknya. Start up bernama Skyrora itu memiliki roket yang hanya setinggi 6 kaki atau sekitar 2 meter. (Baca juga: Bocoran Galaxy Note20 Plus Ungkap Kamera Periskop 13 MP dan 50X Zoom )

Roket yang dinamakan Skylark Nano itu berhasil lepas landas di Fethaland di North Roe, Shetland, Skotlandia. Namun, tidak sampai luar angkasa, karena hanya ditargetkan mengudara hingga 20 ribu kaki atau sekitar 6,1 kilometer dan berhasil.

Sebenarnya Skyrora bukan baru kali ini saja meluncurkan Skylark Nano. Pada 2018 lalu, perusahaan juga telah melakukan peluncuran pertamanya. Terapi baru kali ini roket tersebut meluncur dari Shetland.

Shetland masih menjadi pilihan utama Skyrora dalam menerbangkan roketnya. Walaupun ada dua tempat lain yang bisa menjadi pilihan, yakni semenanjung A'Mhoine di Sutherland dan North Uist.

Mengutip dari Techcrunch, Rabu (17/6/2020), peluncuran ini dilandasi misi untuk mengumpulkan data meteorologi dan mengukur profil angin. Alasan dipilihnya Shetland sebagai tempat peluncuran, karena untuk membantu menganalisis lintasan dan pelatihan peluncuran berikut yang menentukan masa depan Skyrora.

Pasalnya, startup itu sedang mengembangkan kendaraan dengan muatan kecil untuk sampai ke angkasa. Selain itu, Skyrora juga memiliki roket Skylark-L dan Skyrora XL, yang diperuntukan sebagai roket komersial.

Pengembangan Skylark-L sudah mencapai tahap uji api statis. Roket ini ditargetkan bisa meluncur secara komersial di landasan ruang angkasa di Inggris, pada 2022 mendatang.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1743 seconds (0.1#10.140)