AS Mulai Gunakan Game untuk Perawatan Anak yang Didiagnosa ADHD

Kamis, 18 Juni 2020 - 00:01 WIB
loading...
AS Mulai Gunakan Game untuk Perawatan Anak yang Didiagnosa ADHD
Game bernama EndeavourRX ini ditunjukkan bagi anak-anak usia 8-12 tahun yang didagnosa ADHD. Game ini merupakan besutan start up teknologi kesehatan, bernama Akili Interactive. FOTO/ IST
A A A
NEW YORK - Otoritas kesehatan Amerika Serikat telah menyetujui perawatan berbasis permainan pertama, bagi anak-anak berkebutuhan khusus atau attention deficit hyperactivity disorder (ADHD).

Pada Senin lalu, lembaga makanan dan obat-obatan AS (FDA), menyetujui penjualan game bernama EndeavourRX yang ditunjukkan bagi anak-anak usia 8-12 tahun yang didagnosa ADHD. Game ini merupakan besutan start up teknologi kesehatan, bernama Akili Interactive. (Baca juga: Pasar Automotif Baru Pulih Tahun Depan )

FDA membatakan, ini adalah terapi digital pertama yang bertujuan untuk mengobati ADHD, serta terapi berbasis game pertama yang disetujui untuk semua kondisi kebutuhan khusus. (Baca: Maskapai Dapat Lampu Hijau Naikan Harga Tiket Pesawat)

EndeavourRX dirancang untuk meningkatkan fungsi kognitif pada anak, sekaligus jenis terapi lainnya, termasuk pengobatan dan pendidikan.

“EndeavourRX menawarkan opsi selain obat untuk memunculkan gejala-gejala terkait ADHD pada anak, dan sebagai landasan penting dalam perkembangan terapi digital,” kata Jeffrey Shuren, Director Devices dan Radiological Health FDA Pusat, dikutip dari France24, Rabu (17/6/2020).

Game ini memungkinkan anak-anak untuk mengontrol sebuah karakter seperti di dalam kartun, yang berguna untuk merangsang saraf sensorik dan motorik, demi meningkatkan fungsi kognitif pada anak.

“Dengan EndeavourRX, kami senang bisa menggunakan teknologi untuk membantu mengobati suatu kondisi melalui cara yang baru. Kami menyasar fungsi neurologis melalui pengobatan yang terasa seperti hiburan,” tutur Chief Executive Officer Akili Interactive, Eddie Martucci.

Sebelum menyetujui penggunaan game ini dalam perawatan, perusahaan sudah lebih dulu dilakukan penelitian terhadap 600 anak ADHD. Hasilnya, dalam waktu sebulan penggunaan EndeavourRX, anak-anak bisa lebih fokus dan para orang tua mengakui adanya perubahan pada anak mereka.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6522 seconds (0.1#10.140)