Algoritma Instagram Lebih Suka Sajikan Wanita Seksi Berbikini ke Pengguna

Kamis, 18 Juni 2020 - 13:23 WIB
loading...
Algoritma Instagram Lebih Suka Sajikan Wanita Seksi Berbikini ke Pengguna
Dalam penelitian gabungan yang dilakukan oleh AlgorithmWatch dan European Data Journalism, ditemukan bahwa algoritman Instagram sering menampilkan foto wanita yang mengenakan bikini maupun pakaian dalam atau pria bertelanjang dada. FOTO/ IST
A A A
CALIFORNIA - Algoritma Instagram diketahui lebih menyukai foto-foto orang yang berpakaian minim. Foto dengan subjek serupa lebih sering diperlihatkan di linimasa Instagram penggunanya.

Mengutip dari laman resmi Algorithmwatch, Kamis (18/6/2020), hal tersebut diungkapkan oleh penelitian gabungan dari AlgorithmWatch dan European Data Journalism, terkait algoritma penyajian konten di Instagram.

Hasilnya, dari sekitar 2.400 foto yang diunggah oleh pencipta konten itu, sebanyak 362 foto atau sekitar 21% di antaranya menampilkan foto wanita yang mengenakan bikini maupun pakaian dalam atau pria bertelanjang dada.

Memang bisa saja itu kebetulan dan algoritma Instagram tidak mendahulukan untuk menampilkan foto semacam itu. Tetapi setelah diteliti lebih jauh, hasilnya tetap sama.

Bahkan, 54% wanita berpakaian terbuka lebih tinggi potensinya tampil di halaman muka, sedangkan pria bertelanjang dada 28%. Sementara untuk foto makanan, pemandangan, atau foto lainnya, memiliki peluang 60% lebih bakal tampil di linimasa Instagram.

Namun, penelitan ini juga menemukan bahwa foto-foto orang berpakaian minim tidak ditemukan di sebagian relawan. Ada dugaan bahwa algoritma Instagram memang mendorong konten semacam itu, tapi efeknya bisa berbeda untuk tiap orang.

Selain itu, penemuan ini juga bukan bukti yang konkret tanpa akses data internal dan server yang dimiliki Facebook, pemilik Instagram. Para peneliti akan melakukan penelitian lanjutan, dengan cara mengajak lebih banyak relawan.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2497 seconds (0.1#10.140)