Kapasitas Pengisian Baterai The Next Black Shark akan Melebihi 100W

Sabtu, 20 Juni 2020 - 12:18 WIB
loading...
Kapasitas Pengisian Baterai The Next Black Shark akan Melebihi 100W
Xiaomi menyiapkan the next Black Shark dengan teknologi pengisian baterai cepat lebih dari 100W. Foto/ist
A A A
BEIJING - Xiaomi cukup inovatif dalam industri seluler sehingga perangkatnya dapat diterima dengan baik oleh pasar. Namun ketika bicara kapasitas pengisian baterai, perusahaan China lainnya, yakni Oppo , bisa mengungguli Xiaomi. (Baca juga: Oppo Siapkan Super VOOC 80W, Perang Pengisian Cepat Baterai Tambah Ganas )

Saat ini, kapasitas pengisian cepat tertinggi untuk ponsel adalah 65W. Ponsel gaming Lenovo mendatang dikabarkan akan meluncurkan pengisian daya cepat hingga 90W, itu adalah yang pertama di industri. Ini menyiratkan era pengisian cepat 100W sudah lebih dekat.

Menurut spekulasi terbaru yang dibocoran di akun Weibo, flagship iterative Black Shark dikabarkan akan menggunakan teknologi pengisian cepat baterai melebihi 100W.

Fast Charging Xiaomi 100W
Saat ini, Xiaomi dan vivo telah menunjukkan solusi pengisian cepat 100W dan 120W. Pada paruh pertama tahun ini, Lu Weibing, Presiden Xiaomi Group China, sekaligus General Manager Redmi, mengatakan, teknologi pengisian cepat 100W masih dalam tahap awal. Sampai sekarang, teknologinya belum siap untuk diproduksi massal dan hanya bisa datang di masa depan.

Menurut Lu Weibing, pengisian cepat 100W sudah tidak jauh dari produksi massal dan penggunaan komersial. Selain itu, handphone ponsel gaming Black Shark terbaru kemungkinan menggunakan teknologi pengisian cepat dengan daya 100W atau lebih tinggi. Namun, penerapan teknologi ini tidak sesederhana kedengarannya.

Menurut Lu Weibing, teknologi pengisian cepat perlu mempertimbangkan lima kesulitan teknis:

1. Kehilangan Kapasitas Baterai
Ini mengacu pada kegunaan keseluruhan baterai. Semakin cepat kecepatan pengisian, semakin besar kapasitas baterai yang hilang. Ini berarti pengisian daya yang begitu tinggi dapat membuat baterai tidak dapat bekerja pada kapasitas optimal untuk waktu lama.

2. Realisasi Teknis
Pengisian daya cepat juga wajib mempertimbangkan skema pengisian tegangan ultra-tinggi. Itu harus kompatibel dengan berbagai daerah sehingga tidak akan menimbulkan masalah bagi pengguna.

3. Kinerja
Untuk membuat pengisian daya 100W secara teknis dimungkinkan. Namun, pengembangan juga sangat mempertimbangkan kemampuannya untuk mencapai kemampuan kerja yang panjang dan berkelanjutan.

4. Keamanan (Security)
Ini adalah salah satu aspek terpenting pengisian cepat. Perlu memiliki beberapa perlindungan untuk motherboard/baterai/charger, dan lainnya.

5. Rumit
Menutupi beberapa skenario pengisian daya dengan pertimbangkan skenario pengisian daya + skenario pengisian daya nirkabel, dan kompatibilitas pengisi daya.

Perlu dicatat, pada 2019, Lin Bin, Wakil Ketua Grup Xiaomi, mendemonstrasikan 100W biaya cepat Xiaomi. Dengan pengisian cepat Xiaomi 100W, maka baterai 4.000 mAh terisi penuh dalam 17 menit.

Ini hanya kecepatan pengisian uji. Ketika teknologi akhirnya memasuki produksi massal, kecepatan pengisian mungkin lebih cepat.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1765 seconds (0.1#10.140)