Peramban Microsoft Edge Kini Hemat 27% Penggunaan RAM di Windows 10

Sabtu, 20 Juni 2020 - 18:53 WIB
loading...
Peramban Microsoft Edge Kini Hemat 27% Penggunaan RAM di Windows 10
Microsoft telah meningkatkan peramban Edge. Browser ini menggunakan lebih sedikit memori seperti catatan Microsoft di blog-nya. Misinya ialah menyediakan peramban terbaik untuk Windows. Foto/Ist
A A A
REDMOND - Ketika browser atau peramban menggunakan banyak RAM , maka hal itu bisa memperlambat seluruh sistem operasi. Untuk menghindari pelambatan, pengguna harus membatasi jumlah tab terbuka.

Solusi lainnya, pengembang perambang dapat memangkas penggunaan memori, seperti halnya yang dilakukan Microsoft Edge.

Laman Giz China melaporkan, Microsoft telah meningkatkan peramban Edge. Browser ini menggunakan lebih sedikit memori seperti catatan Microsoft di blog-nya. Misinya ialah menyediakan peramban terbaik untuk Windows.

Baru-baru ini, Edge beralih ke mesin Chromium dan mulai bekerja lebih cepat. Dan setelah rilis Pembaruan Windows 10 Mei 2020 dengan fungsional yang besar, peramban menjadi lebih ekonomis sehubungan dengan pemakaian RAM. Penggunaannya telah menurun hingga 27%.

Microsoft pun membuat klarifikasi bahwa kinerja pada masing-masing perangkat tergantung pada konfigurasi dan penggunaan. Tetapi secara keseluruhan, semua orang akan merasakan peramban Edge yang lebih ekonomis terhadap memori.

Pangsa Pasar Peramban
Netmarketshare, sebuah perusahaan analisis web, baru-baru ini menerbitkan statistik tentang prevalensi berbagai browser iInternet dan sistem operasi di dunia. Laporan analisis tersebut diterbitkan pada Mei 2020.

Jika pada bulan April pangsa pasar Windows 10 menurun dari 57,34% menjadi 56%, maka pada bulan berikutnya atau Mei raihannya mulai pulih. Windows 10 telah mencapai marker share 57,83%.

Pemulihan Windows 10 tak menghentikan pertumbuhan platform Linux. Sistem operasi terbuka ini pangsa pasarnya naik menjadi 3,17% pada bulan Mei 2020. Sebelumnya, di April, Linux merebut 2,87% dan di Maret meraih 1,36% pangsa pasar.

Posisi MacOS tetap hampir tidak berubah -pangsa pasarya menurun dari 9,75% menjadi 9,68%. Tapi Windows 7 terus turun -sekarang OS menyumbang 24% dari pasar setelah di bulan April 25,59% dan 26,3% pada bulan Maret.

Mengenai browser, peramban Google terus mendominasi dan meningkatkan keunggulannya. Chrome sudah menyumbang 69,81%, rekor baru setelah April 69,18%. Edge naik sedikit dari 7,76% menjadi 7,86%, tapi pangsa Firefox di tempat ketiga turun dari 7,25% menjadi 7,23%.

Seperti yang disebutkan di atas, Microsoft Edge telah membuat langkah mengejutkan. Tahun lalu, perusahaan yang berbasis di Redmond itu memutuskan untuk membangun kembali perambannya berdasarkan Chromium, platform yang sama dengan Google Chrome.

Tentu saja, ini dan faktor-faktor lain seperti popularitas Windows 10 membuat Edge menjadi peramban desktop terpopuler kedua.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2213 seconds (0.1#10.140)