Mengagetkan, Mantan CEO Google Ungkap Alasan Sebenarnya AS Menyerang Huawei

Minggu, 21 Juni 2020 - 10:45 WIB
loading...
Mengagetkan, Mantan CEO Google Ungkap Alasan Sebenarnya AS Menyerang Huawei
Mantan CEO, Google Eric Schmidt, mendukung sikap Administrasi Donald Trump memerangi Huawei. Namun dia menegaskan perlunya Pemerintah AS dan China bekerja sama dalam pengembangan teknologi. Foto/Ist
A A A
WASHINGTON - Selama bertahun-tahun sekarang, bahkan sejak AS di bawah pemerintahan Barack Obama , publik seluler telah mendengar cerita yang sama tentang Huawei . Yakni, perusahaan tidak dapat dipercaya karena secara diam-diam mengumpulkan informasi tentang konsumen dan perusahaan melalui pintu belakang yang tersembunyi di handset dan peralatan jaringannya. (Baca juga: 3 Indonesia Bangun Data Center Baru, Hasil kerjasama dengan Huawei )

Data yang dikumpulkan itu dikirim ke Pemerintah Beijing. Pada 2012, Komite Intelijen menyarankan agar Huwaei dan ZTE dilarang di AS.

Tahun lalu, Departemen Perdagangan AS menempatkan Huawei pada Daftar Entitasnya karena kekhawatiran akan keamanan. Cantuman ini mencegah perusahaan mengakses rantai pasokan AS dan memaksa produsen untuk mencari pengganti Layanan Seluler Google.

Namun Huawei justru berhasil meningkatkan pengiriman teleponnya sebesar 17% tahun lalu menjadi 240 juta unit dan dalam prosesnya, mereka melampaui Apple untuk menjadi produsen smartphone terbesar kedua di dunia. Selain naik ke nomor dua secara global di handset, merek juga tercatat sebagai pemimpin dunia dalam memberikan peralatan jaringan, bisnis penting yang harus dilakukan ketika perusahaan nirkabel membangun jaringan 5G.

Mantan CEO Google Ikut-ikutan Tuding Huawei
AS memperingatkan sekutunya tahun lalu untuk tidak menggunakan peralatan Huawei di jaringan 5G mereka. Peringatan ini didengarkan sejumlan negara, sebut saja Jepang dan Australia, dan beberapa tidak -Jerman dan Inggris.

Tahun ini, untuk mengencangkan tekanan lagi, Departemen Perdagangan AS mengubah aturan ekspor. Sekarang, setiap pembangunan chip yang menggunakan teknologi Amerika tidak dapat dikirimkan ke Huawei tanpa terlebih dahulu mendapatkan lisensi dari AS.

Sementara tidak pernah ada bukti bahwa Huawei menggunakan backdoor (pintu belakang) yang ditanam di perangkatnya untuk tujuan memata-matai. Namun mantan CEO Google, Eric Schmidt, mendukung sikap Administrasi Donald Trump. Dua mengatakan, produsen China itu adalah ancaman keamanan yang sah.

Berbicara dengan BBC Radio untuk film dokumenter audio, Schmidt mengatakan, tidak ada keraguan bahwa Huawei telah terlibat dalam beberapa praktik yang tidak dapat diterima dalam keamanan nasional. Schmidt sendiri sekarang tercatat sebagai pemimpin Dewan Inovasi Pertahanan Pentagon.

"Tidak ada pertanyaan (lagi) bahwa informasi dari router Huawei akhirnya berakhir di tangan yang kelihatannya adalah negara. Namun itu terjadi, kami yakin itu terjadi," tegasnya seperti dikutip situs Phone Arena.

Huawei telah berulang kali membantah tuduhan seperti yang dibuat oleh Schmidt. Pernyataan dari Victor Zhang, Ketua Huawei Inggris, sekali lagi menyangkal perusahaan itu dekat dengan pemerintah komunis di negaranya. "Tuduhan yang dibuat oleh Eric Schmidt, yang sekarang bekerja untuk Pemerintah AS, sama sekali tidak benar dan seperti dengan pernyataan serupa di masa lalu, tidak didukung oleh bukti," kata Zhang kepada BBC.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3016 seconds (0.1#10.140)