Kathy Lueders, Kepala Antariksa Perempuan Pertama di NASA Pandu AS ke Bulan

Senin, 22 Juni 2020 - 04:33 WIB
loading...
Kathy Lueders, Kepala Antariksa Perempuan Pertama di NASA Pandu AS ke Bulan
Kathy Lueders dipromosikan menjadi Kepala Direktorat Misi Operasi dan Eksplorasi Manusia NASA. (Foto/NASA)
A A A
CALIFORNIA - Amerika Serikat (AS) , melalui lembaga antariksanya, NASA , berambisi untuk kembali mengirim astronotnya ke Bulan . Menariknya, ambisi ini akan dipimpin seorang perempuan. (Baca juga: Bulan Depan, UEA Luncurkan Misi Pertama ke Planet Mars )

Namanya Kathy Lueders. Laman Space.com melaporkan, dia adalah Manajer Commercial Crew Program NASA selama peluncuran misi SpaceX's Dragon Dragon Demo-2.

Dia juga berpartisipasi dalam konferensi pers pascapeluncuran di Kennedy Space Center di Florida, pada 30 Mei 2020 lalu, setelah peluncuran sukses mengirim astronot NASA, Bob Behnken dan Doug Hurley ke Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Ya, dua pekan kemudian, Kathy Lueders dipromosikan menjadi Kepala Direktorat Misi Operasi dan Eksplorasi Manusia NASA.

Wanita pertama yang bertanggung jawab atas program luar angkasa manusia NASA ini akan mengawasi misi pertama untuk mendaratkan seorang wanita di bulan. Dia berharap "hal yang sangat besar" akan datang dari generasi muda, penggemar ruang angkasa wanita.

Kathy Lueders, yang sampai sekarang memimpin Program Kru Komersial NASA, akan mengambil alih semua kegiatan awak ruang angkasa di NASA sebagai associate administrator untuk Direktorat Misi Operasi dan Operasi Manusia. Promosi, yang diumumkan NASA pada 12 Juni, terjadi sekitar dua pekan setelah Doug Loverro mengundurkan diri dari jabatan itu.

"Ketika Jim bertanya kepada saya apakah saya akan mengambil peran ini, Anda tahu, saya tidak benar-benar berpikir untuk menjadi yang pertama," kata Lueders saat konferensi jarak jauh dengan wartawan, merujuk pada Administrator NASA Jim Bridenstine. "Saya lebih kewalahan dengan tugas-tugas potensial di depan saya," katanya.

Lueders mengatakan, suaminya merupakan orang yang menunjukkan kepadanya bahwa tidak ada wanita lain yang pernah memegang pekerjaan ini sebelumnya. "Itu membuat saya berhenti dan benar-benar memikirkan semua 'pengalaman' lain yang telah ada di luar sana yang benar-benar telah membuka jalan saya," ungkapnya.

"Faktanya, hari ini adalah hari di mana Sally Ride adalah wanita AS pertama di luar angkasa. Dan itulah salah satu dari banyak pengalaman pertama," tambahnya.

Sebagai Manajer Program Awak Komersial NASA, Lueders mengawasi misi SpaceX Crew Dragon Demo-2 yang meluncurkan astronot NASA Bob Behnken dan Doug Hurley ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) bulan lalu. Sebelum itu, dia menjabat sebagai Manajer Integrasi Transportasi Program ISS, mengawasi misi penyediaan kargo. Kariernya di NASA dimulai pada 1992, ketika dia menjadi wanita kedua yang pernah bekerja di lab propulsi di Fasilitas Uji White Sands NASA di New Mexico.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2976 seconds (0.1#10.140)