Google Menyatakan Perang Terbuka Terhadap Zoom dkk

Senin, 22 Juni 2020 - 10:02 WIB
loading...
Google Menyatakan Perang Terbuka Terhadap Zoom dkk
Untuk mengejar Zoom, Google menempatkan aplikasi konferensi videonya di Gmai. Sehingga pengguna surat elektronik tersebut secara tidak langsung terkoneksi dengan Google Meet. Foto/Ist
A A A
MOUNTAIN VIEW - Google belum lama ini mengumumkan bahwa Google Meet -platform konferensi video perusahaan- akan segera dimasukkan ke dalam aplikasi Gmail untuk perangkat Android dan iOS. (Baca juga: Keamanan Bermasalah, Zoom Minta Pengguna Beralih ke Versi Terbaru )

Keputusan ini mengakibatkan aplikasi Gmail dipisahkan menjadi dua antarmuka tingkat atas, yakni Gmail dan Google Meet. Gmail adalah salah satu aplikasi yang mencatat 5 miliar lebih unduhan di Google Play Store. Ini berarti miliaran perangkat Android di seluruh dunia segera, berdasarkan hubungan, bakal memiliki Google Meet juga.

Situs berita teknologi Android Police pun buru-buru menilai hal itu merupakan upaya Google untuk memenangkan perang konferensi video dengan Zoom, Microsoft Teams, atau layanan sama lainnya.

Perlu dicatat, Zoom, Microsoft Teams, dan Skype semuanya memperlihatkan penggunaan yang meroket. Google dibiarkan tanpa platform konferensi video grup yang tepat sampai Google Meet diluncurkan secara luas kepada pengguna di bulan lalu. Dengan ukuran apa pun selain perusahaan seukuran Google, Meet adalah kesuksesan besar.

Meet melampaui 50 juta unduhan dalam hitungan hari setelah peluncurannya yang luas, dan menikmati skor 3,9/5 yang layak jika tidak luar biasa di Google Play Store pada saat tulisan ini dibuat. Tetapi karena pesaing seperti Zoom melampaui lebih dari 100 juta unduhan di Android saja, tidak diragukan lagi ada ketakutan di Google bahwa mereka akan kalah dalam "perlombaan" jika tidak dapat bertindak cepat untuk mengamankan pengguna.

Kesulitan Google
Masuk ke ponsel cerdas pengguna akhir-akhir ini sulit untuk aplikasi baru, meskipun itu adalah aplikasi yang dibuat oleh Google. Dalam ruang yang penuh sesak dengan pemain mapan, tampil menonjol pada fitur dan kualitas saja tidak cukup. Anda perlu meningkatkan kesadaran dalam pertempuran untuk mencapai massa kritis.

Dibandingkan Google Meet, Gmail adalah merek yang ada di mana-mana secara positif. Hampir setiap orang di luar China dengan ponsel cerdas Android menggunakan akun Google, yang berarti mereka memiliki akun Gmail.

Aplikasi Gmail sudah diinstal sebelumnya di setiap ponsel Android (sekali lagi, di luar China), dan tidak seperti banyak aplikasi yang dibundel, ada banyak alasan untuk menggunakannya.

Ini adalah klien email yang baik, pada dasarnya bekerja dengan penyedia email pihak ketiga mana pun, dan Gmail tetap menjadi standar terbaik untuk email cloud gratis secara global.

Mendaftar ke Google Meet ke Gmail, meskipun secara fungsional tidak masuk akal, mungkin adalah satu-satunya hal terbesar yang dapat dilakukan Google untuk meningkatkan kesadaran akan Meet, dan untuk beberapa alasan utama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1808 seconds (0.1#10.140)