China Ungkap Rincian Hasil Uji Coba Pesawat Antariksa Terbaru

Senin, 22 Juni 2020 - 16:40 WIB
loading...
China Ungkap Rincian Hasil Uji Coba Pesawat Antariksa Terbaru
Kapsul kru generasi baru China yang terbakar setelah uji terbang ke orbit pada Mei 2020. Foto-foto/CCTV +
A A A
JAKARTA - China memberikan publik dunia pemandangan pertama di dalam prototipe pesawat antariksa generasi terbarunya setelah penerbangan uji coba yang diklaim berhasil pada Mei 2020. (Baca juga: Astronom Memperkirakan Ada Miliaran Planet Mirip Bumi )

Kapsul itu, yang belum disebutkan namanya, diluncurkan dengan roket Long March 5B dari Wenchang pada 5 Mei, melakukan uji coba pertama untuk misi luar angkasa masa depan.

Pesawat antariksa dua modul baru ini tampil baik di orbit dan kapsul awaknya kembali ke Bumi pada 8 Mei, menguji kembali atmosfer berkecepatan tinggi yang diperlukan pesawat ruang angkasa untuk selamat agar dapat membawa pulang astronot dari bulan dengan selamat.

Laman Space.com menyebutkan, kapsul awak selamat dengan tekanan panas yang mencapai 5.432 derajat Fahrenheit (3.000 derajat Celsius) selama masuk kembali ke Bumi.
China Ungkap Rincian Hasil Uji Coba Pesawat Antariksa Terbaru

Kapsul menyediakan ruang internal 459 kaki kubik (13 meter kubik), memungkinkan enam atau tujuh astronot untuk mengendarainya. Pesawat ruang angkasa berawak China saat ini, Shenzhou, hanya dapat membawa tiga astronot.

Sebuah tampilan di dalam pesawat baru menunjukkan zona hidup di sebelah kiri, termasuk toilet dan meja makan lipat. Tas penyimpanan dan rak di sebelah kanan hadir hanya untuk menguji kapasitas transportasi selama misi pengujian.

Pejabat antariksa China mengatakan, penerbangan uji secara keseluruhan memverifikasi banyak teknologi dan mengembalikan data untuk berbagai eksperimen.

"Kami membuka kapsul kembali dan mengambil data dari kotak hitam, termasuk data tentang gaya dan panas, serta data suhu yang terkait dengan pemanasan aerodinamis. Sehingga kami bisa mendapatkan lebih banyak data untuk menguji masuk kembali dan mengembalikan teknologi dan semua teknologi kritis lainnya," kata Guo Bin, perancang pesawat ruang angkasa China generasi terbaru bersama Akademi Teknologi Ruang Angkasa Tiongkok (CAST).

Guo mengatakan, penerbangan membuktikan teknologi perisai panas baru dan konfigurasi aerodinamis dari pesawat ruang angkasa bekerja baik.

Eksperimen di dalam pesawat ruang angkasa termasuk sistem pencetakan 3D untuk lingkungan gaya berat mikro, komunikasi kecepatan tinggi tingkat gigabit antara tanah dan pesawat ruang angkasa, dan percobaan deteksi kebocoran serta tabrakan di orbit yang menggunakan gelombang suara.

Kapsul awak juga membawa hampir dua kilogram benih untuk percobaan iradiasi ruang. Radiasi kosmik, gaya berat mikro dan faktor-faktor lain bergabung untuk menghasilkan mutasi bahan genetik tanaman, yang mungkin terbukti bermanfaat dan mengarah pada penanaman varietas baru.

"Misi itu secara keseluruhan merupakan keberhasilan besar bagi China," kata para pejabatnya. Peluncuran ini memenuhi syarat Long March 5B memulai meluncurkan modul untuk stasiun ruang angkasa China yang sudah direncanakan. Kinerja pesawat ruang angkasa generasi baru berarti tes kru bisa mengikuti stasiun luar angkasa di tahun-tahun mendatang.

Dua versi pesawat ruang angkasa baru sedang dalam pengembangan. Satu akan mampu membawa enam astronot, atau tiga astronot dan 1.100 lbs (500 kg) muatan ke stasiun ruang angkasa. Yang lain akan mampu menjalankan misi yang lebih menuntut ke ruang angkasa, yang melibatkan lingkungan radiasi lebih keras dan kecepatan masuk kembali lebih besar. (Baca juga: China dan India Sama-sama Tak Takut Perang, Konflik Makin Memanas )

Sistem docking pesawat ruang angkasa menunjukkan bahwa kapsul bisa berlabuh dengan Stasiun Luar Angkasa Internasional. China, bagaimanapun, bukan bagian dari program ISS.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2131 seconds (0.1#10.140)