Lima Tips Merawat Vespa Selama Mangkrak di Rumah

Sabtu, 25 April 2020 - 17:22 WIB
loading...
Lima Tips Merawat Vespa Selama Mangkrak di Rumah
Jika motor Vespa terlalu lama tidak digunakan bisa mengakibatkan performa mesin menurun saat akan kembali digunakan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Demi mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19), pemerintah menetapkan imbauan untuk melakukan physical distancing. Seluruh kegiatan seperti belajar, bekerja, dan beribadah terpaksa dilakukan di dalam rumah.

Hal itu berimbas pada kendaraan seperti motor Vespa yang mangkrak di garasi. Padahal jika terlalu lama tidak digunakan akan mengakibatkan performa mesin menurun saat nanti kembali digunakan.

Berikut ini beberapa tips perawatan vespa secara mandiri dari Piaggio Indonesia kepada para pecinta vespa:
1. Perhatikan Kebersihan Vespa
Saat memiliki banyak waktu di rumah, pastikan vespa lebih terawat dengan mengelap atau mencucinya sendiri. Selain membuat Vespa bersih, pemilik akan lebih teliti dalam menemukan kemungkinan kerusakan, seperti lecet pada bodi moror atau bagian mesin yang rembes oleh oli, cairan rem, atau cairan radiator.

2. Gunakan Peralatan yang Tepat untuk Mencuci Vespa
Cuci Vespa menggunakan wash mitt atau kain berserat mikro (microfiber) agar tidak menyebabkan goresan pada bodi. Bilas Vespa dengan air mengalir secara perlahan dan dimulai dari bagian atas lalu ke bagian bawah dengan seksama.

Selanjutnya bersihkan bagian permukaan mesin, knalpot dan roda. Hati-hati untuk bagian kelistrikan saat mencuci Vespa. Setelah dicuci, Vespa perlu dikeringkan dengan baik untuk mencegah karat dan korosi. Untuk pengeringan dapat menggunakan kain microfiber untuk mengurangi risiko lecet atau gores pada bodi Vespa.

3. Perawatan Ban
Ban merupakan bagian yang penting untuk selalu dirawat bahkan walau sedang tidak rutin digunakan. Hal ini guna memastikan keawetan ban dan tetap dapat memberikan performa, serta kestabilan yang baik ketika Vespa digunakan.

Gunakan alat ukur tekanan ban untuk memeriksa tekanan angin pada ban dan cek dengan teliti kondisi fisiknya. Selalu gunakan standar tengah saat motor terparkir di rumah agar menghindari tekanan berlebihan pada ban dalam jangka waktu lama.

Jangan lupa berikan alas pada bagian bawah roda depan agar ban tidak langsung bersentuhan dengan lantai. Hal ini dapat membuat tekanan angin dalam ban tidak mudah berkurang.

Penting juga untuk menghindari ban dari sinar matahari langsung. Sebab dapat membuat kandungan angin di dalamnya memuai dan karet ban pun akan terpengaruh.

4. Panaskan Vespa Secara Rutin
Rutin memanaskan mesin bertujuan agar mesin terlumasi dengan baik, sehingga perfomanya tetap maksimal ketika digunakan. Memanaskan mesin tidak perlu lama-lama, cukup di bawah 5 menit saja untuk membuat oli bersirkulasi agar bagian dalam mesin terhindar dari karat.

5. Cabut Aki Jika Vespa Tidak Dipakai dalam Waktu Lama
Mencabut aki jika Anda berencana untuk tidak memakai Vespa dalam waktu lama adalah solusi untuk penghematan aki. Karena jika tidak dicabut, aliran listrik dari aki akan terus mengalir sehingga bisa habis. Pencabutan aki dari Vespa hanya dilakukan apabila Vespa tidak akan digunakan dalam waktu 1 bulan atau lebih.

Pencabutan ini cukup melepas kabel dari kutub negatif aki. Apabila aki harus dilepas dari kendaraan pastikan agar aki Vespa disimpan di tempat yang sejuk dan kering, jauh sinar matahari dan benda yang mudah terbakar.

Selamat mencoba Vespa lovers!
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3880 seconds (0.1#10.140)