Ini Beda ColorOS 12 Versi Android 12 dengan Android 11 di Reno7 Series

loading...
Ini Beda ColorOS 12 Versi Android 12 dengan Android 11 di Reno7 Series
Foto: Doc. Oppo Indonesia
JAKARTA - OPPO telah menghadirkan antarmuka terbaru ColorOS 12 baik di sistem operasi Android 12 maupun Android 11. Untuk ColorOS 12 versi Android 12 bisa dijumpai di perangkat Reno7 4G, sementara ColorOS 12 versi Android 11 di Reno7 Z 5G.

Nah, sebenarnya apa saja sih perbedaan keduanya? Untuk mengetahuinya lebih lanjut, yuk simak ulasan berikut.

Dasbor Privasi
Untuk ColorOS 12 versi Android 12 memiliki fitur baru bernama dasbor privasi. Fitur ini mampu memantau dan mengontrol izin aplikasi yang telah terinstall di dalam smartphone seperti penggunaan lokasi, microfon, aktivitas fisik, kalender, dan masih banyak lagi.

Untuk ColorOS 12 di sistem operasi Android 11 tidak memiliki dukungan fitur tersebut. Pasalnya, ini bukan hanya soal ColorOS-nya aja tapi merupakan fitur bawaan Google dari sistem operasi Android 12 atau versi di atasnya.



Ikon Indikator Privasi
ColorOS 12 menghadirkan ikon indikator privasi. Fitur yang satu ini bisa dijumpai di status bar perangkat ketika aplikasi mengakses fitur handphone seperti mikrofon, kamera, dan lokasi.

Ikon indikator privasi sangat berguna untuk menjaga pivasi. Ketika pengguna merasa tidak nyaman apabila ada aplikasi yang mengakses fitur seperti mikrofon, kamera, dan lokasi, pengguna bisa juga memutus izinnya dari ikon indikator privasi ini.

Fitur Aplikasi Recorder
Pada ColorOS 12 terdapat aplikasi recorder dengan fitur mark on recording untuk menandai detik atau menit mana saja yang berisi materi penting yang disampaikan sehingga tidak perlu mengulang terus menerus hasil rekaman untuk mencarinya.



Bahkan, pada ColorOS 12 versi Android 12, penandaan rekaman bisa ditambah foto. Fitur ini tentunya sangat berguna untuk mendukung kegiatan seperti seminar, workshop, hingga meeting.

Wallpaper
Untuk ColorOS 12 berbasis Android 12 menawarkan 30 wallpaper, sementara Android 11 hanya 18 wallpaper saja. Meski begitu, pengguna juga dimungkinkan untuk mencari lebih banyak wallpaper lagi dari Theme Store milik OPPO.

Kesimpulan
Sebenarnya tidak ada perbedaan yang begitu signifikan antara ColorOS 12 versi Android 12 dengan versi Android 11. Keduanya sama-sama menghadirkan fitur yang bermanfaat untuk keseharian pengguna.

Jadi, pilih Reno7 4G atau Reno7 Z 5G bebas saja, tinggal sesuaikan budget. Untuk Reno7 4G dibanderol mencapai Rp5.199.000 sementara Reno7 Z 5G, dibandrol dengan harga Rp5.999.000.
(atk)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top