Pluto Punya Lautan Bawah Tanah, Peneliti: Cocok untuk Warga Bumi

Rabu, 24 Juni 2020 - 04:38 WIB
loading...
Pluto Punya Lautan Bawah Tanah, Peneliti: Cocok untuk Warga Bumi
Pluto, seperti yang terlihat oleh pesawat ruang angkasa New Horizons milik NASA selama perjalanan bersejarah planet kerdil pada Juli 2015. Foto/NASA
A A A
JAKARTA - Planet Pluto dikenal sangat dingin. Sebuah studi baru menemukan bahwa kondisi tersebut terjadi dengan diawali Pluto sebagai planet panas yang terbentuk cepat dan keras. (Baca juga: Pandemi Covid-19 Tingkatkan Produktivitas Penelitian di Dunia )

Hasil ini menunjukkan Pluto mungkin telah memiliki lautan bawah tanah sejak awal kehidupannya. Ini berpotensi meningkatkan peluangnya untuk menjadi tuan rumah bagi makhluk hidup di Bumi, kata para peneliti.

Laman Space.com mengungkapkan, sebelumnya penelitian mengasumsikan Pluto berasal dari batuan dingin dan es yang menggumpal bersama di Sabuk Kuiper yang jauh, cincin di luar orbit Neptunus.

Meskipun ada bukti bahwa Pluto saat ini memiliki lautan cair di bawah cangkang beku yang tebal, para peneliti telah menyarankan laut bawah permukaan ini berkembang lama setelah Pluto terbentuk, setelah es mencair karena panas dari unsur-unsur radioaktif dalam inti Pluto. Sekarang para ilmuwan berpendapat, alih-alih formasi dingin, Pluto memiliki awal yang panas, yang penuh dengan kekuatan ledakan.

"Ketika kita melihat Pluto hari ini, kita melihat dunia beku yang sangat dingin, dengan suhu permukaan sekitar 45 Kelvin (minus 380 derajat Fahrenheit dan minus 228 derajat Celcius)," tulis pemimpin penulis studi, Carver Bierson, ilmuwan planet di Universitas California, Santa Cruz, kepada Space.com.

"Saya merasa luar biasa bahwa dengan melihat geologi yang tercatat di permukaan itu, kita dapat menyimpulkan bahwa Pluto memiliki formasi cepat dan keras yang menghangatkan bagian dalam, sehingga membentuk samudera air bawah permukaan," tulisnya lagi.

Para peneliti menganalisis apa yang disebut "fitur ekstensional" di permukaan Pluto. Air mengembang saat membeku, sehingga ketika interior Pluto mendingin, permukaan Pluto membentang, menghasilkan struktur yang dapat dikenali.

Para ilmuwan membandingkan pengamatan geologis Pluto yang ditangkap oleh pesawat ruang angkasa New Horizons NASA, yang terbang pada 2015, dengan berbagai model asal dan evolusi Pluto. Jika Pluto mengalami awal yang dingin, cangkangnya yang beku akan mengalami kompresi di awal sejarah dunia ketika panas dari unsur-unsur radioaktif melelehkan es. Kemudian meluas setelah unsur-unsur radioaktif ini rusak dan Pluto mendingin.

Namun mereka menemukan bagian paling kuno dari permukaan Pluto yang dicitrakan pada resolusi tinggi tidak menunjukkan tanda-tanda kompresi yang jelas.

Pluto Punya Lautan Bawah Tanah, Peneliti: Cocok untuk Warga Bumi

Panah menandai lokasi patahan ekstensional pada permukaan Pluto yang mengindikasikan perluasan keraknya, yang menurut para ilmuwan disebabkan oleh pembekuan lautan di bawah permukaan. (Foto/Lab Fisika Terapan Universitas NASA/Southwest Research Institute)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0867 seconds (0.1#10.140)