Google Resmi Buka Data Center di Indonesia

Rabu, 24 Juni 2020 - 16:01 WIB
loading...
Google Resmi Buka Data Center di Indonesia
Ilustrasi Google. FOTO/ Ist
A A A
JAKARTA - Google resmi mengoperasikan layanan Cloud pertamanya di Indonesia. Jakarta dipilih menjadi region pertama untuk Google Cloud Platform (GCP) di Indonesia dan kesembilan di Asia Pasifik.

"Hari ini kami sangat bersemangat untuk mengumumkan kehadiran Google Cloud Region Jakarta. Dengan ini, perusahaan dari berbagai bidang, akan lebih cepat dan mudah untuk memanfaatkan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dan alat kami," kata CEO Google & Alphabet Sundar Pichai dalam keynote speech virtual di Jakarta, Rabu (24/6/2020)

Google Cloud adalah platform layanan komputasi awan yang ditawarkan oleh Google. BACA JUGA- Pentolan Metallica Bikin Buku Soal Mobil Klasik

Region Jakarta diluncurkan dengan disertai kemasan layanan standar kami, termasuk Compute Engine, Google Kubernetes Engine, Cloud SQL, Cloud Storage, Cloud Spanner, Cloud Bigtable, dan BigQuery.

Para developer, data scientist, dan data engineer juga dapat memanfaatkan solusi ML (machine learning) dan AI (kecerdasan buatan) untuk membawa project mereka dari ide hingga deployment secara cepat.

Para pelanggan hybrid cloud dapat mengintegrasikan deployment yang baru dan yang sudah ada dengan bantuan ekosistem partner lokal, serta melalui banyak lokasi Dedicated Interconnect.

Google Cloud Region di Jakarta ini menjadi upaya dari raksasa teknologi itu untuk memberikan alat transformasi bisnis bagi semua pelaku usaha di Indonesia, baik usaha besar, startup, hingga UMKM.

Dalam kesempatan yang sama Menteri Komunikasi dan Informasi Johnny G Plate, mengatakan, kehadiran Google Cloud Region ini akan menjadi bagian penting dalam penguatan dan pengembangan teknologi digital di Indonesia.

"Pemerintah Indonesia berharap kehadiran pusat data ini dapat turut memperkokoh keamanan dan privasi data, meningkatkan kemajuan ekonomi digital, dan di saat bersamaan, juga mampu mempertajam penerapan berbagai macam teknologi digital, seperti data analytics,artificial intelligence, machine learning ," tutur Johnny.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2623 seconds (0.1#10.140)