Barisan Perusahaan Paling Inovatif di Dunia 2020, Sektor Teknologi Mendominasi

Kamis, 25 Juni 2020 - 09:48 WIB
loading...
Barisan Perusahaan Paling Inovatif di Dunia 2020, Sektor Teknologi Mendominasi
Tampak daftar 50 perusahaan paling inovatif di dunia untuk 2020 versi laporan Boston Consulting Group (BCG). Foto/Ist
A A A
SINGAPURA - Boston Consulting Group (BCG) baru saja merilis jajaran 50 perusahaan paling inovatif di dunia untuk tahun 2020. Barisan nomor 1-10 didominasi raksasa dunia di bidang teknologi. (Baca juga: Lewat Konsorsium, 134 Proposal Riset Covid-19 Didanai Rp60,6 M )

Di urutan pertama ada Apple dan diikuti berturut-turut oleh Aphabet -perusahaan induk Google, Amazon, Microsoft, Samsung, dan Huawei. Menyusul kemudian Alibaba, IBM, Sony, dan Facebook.

Menariknya dari lineup tersebut, Huawei sanggup melompat jauh masuk ke jajaran 10 besar perusahaan paling inovatif versi laporan BCG. Raksasa manufaktur dunia itu menempati peringkat ke-6, atau naik drastis 42 tingkat dari capaian di tahun sebelumnya.

Peringkat ke-6 pada tahun ini juga menjadi peringkat terbaiknya sejak Huawei pertama kali hadir ke dalam daftar perusahaan paling inovatif dunia di tahun 2012.

Pemeringkatan ini didasarkan pada survei terhadap 2.500 eksekutif inovasi global yang menilai kinerja perusahaan berdasarkan empat variabel. Masing-masing variable yaitu Global "Mindshare", disrupsi industri, pandangan dan penilaian dari perusahaan sejawat industri, dan seberapa besar perusahaan tersebut mampu menghadirkan nilai dan manfaat bagi dunia.

Tahun ini, BCG juga menambahkan sejumlah variabel penilaian baru untuk melihat sejauhmana intensitas dan upaya yang dilakukan oleh tiap-tiap perusahaan dalam melahirkan terobosan baru. Plus bagaimana mereka mengambil peran di luar pasar yang sebelumnya bukan menjadi target pasar bagi mereka.

Sebagai pemasok peralatan telekomunikasi terbesar di dunia, Huawei terus menginvestasikan lebih dari 10% dari pendapatan tahunannya ke dalam riset dan pengembangan. Pada 2019, biaya yang dikeluarkan oleh Huawei untuk riset dan pengembangan mencapai CNY131.659 juta atau 15,3% dari total pendapatannya.

Pada dekade terakhir Huawei telah menginvestasikan USD4 miliar untuk pengembangan 5G. Investasi tersebut menjadikannya sebagai sebagai pemimpin global di bidang teknologi generasi mendatang ini.

Untuk adopsi komersial lebih lanjut serta untuk mempromosikan inovasi baru dalam aplikasi 5G, Huawei berkolaborasi dengan operator di seluruh dunia. Mereka juga telah mendirikan pusat inovasi 5G bersama.

Merujuk ke laporan tahunannya, raksasa teknologi Huawei telah mengubah model inovasinya dari Innovation 1.0 ke Innovation 2.0. Artinya, Huawei melakukan terobosan dengan melakukan pengembangan teknologi dasar baru yang didorong oleh visi bersama untuk masa depan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1490 seconds (0.1#10.140)