Aneh, Para Ilmuwan Melihat Kilatan Cahaya dari Tabrakan Lubang Hitam

Minggu, 28 Juni 2020 - 04:40 WIB
loading...
Aneh, Para Ilmuwan Melihat Kilatan Cahaya dari Tabrakan Lubang Hitam
Penggambaran tentang dua Lubang Hitam yang bertabrakan atau bergabung dalam cakram Lubang Hitam supermasif, kemudian melepaskan semburan cahaya.(Foto/©Caltech/R. Hurt (IPAC))
A A A
JAKARTA - Black-hole atau Lubang Hitam di tata surya tidak seharusnya menghasilkan kilatan cahaya. Namun faktanya demikian.

Bahkan ketika Lubang Hitam bertabrakan, benda-benda besar itu seharusnya tidak terlihat oleh instrumen tradisional para astronom. Tetapi ketika para ilmuwan mendeteksi tabrakan Lubang Hitam tahun lalu, mereka juga melihat kilatan aneh dari kecelakaan tersebut. (Baca juga: NASA Siap Kirim Helikopter Pertamanya ke Mars Bulan Depan )

Pada 21 Mei 2019, detektor gelombang gravitasi Bumi menangkap sinyal sepasang benda besar yang bertabrakan, mengirimkan riak yang mengalir melalui ruang waktu. Belakangan, sebuah observatorium bernama Zwicky Transient Facility (ZTF) menangkap cahaya.

Ketika para ilmuwan melihat kedua sinyal tersebut, mereka menyadari keduanya berasal dari bidang langit yang sama. Para peneliti mulai bertanya apakah mereka telah melihat tabrakan lubang hitam yang jarang terlihat.

"Deteksi ini sangat menarik," kata Daniel Stern, rekan penulis studi baru tentang penemuan dan ahli astrofisika di Jet Propulsion Laboratory NASA di California, dalam sebuah pernyataan NASA, seperti dilaporkan laman Space.com.

"Ada banyak yang bisa kita pelajari tentang dua lubang hitam yang menyatu dan lingkungan tempat mereka berada berdasarkan sinyal ini yang secara tidak sengaja mereka buat," kata Daniel lagi.

Inilah yang menurut para ilmuwan terjadi dalam kasus aneh ini. Dua lubang hitam yang bergabung terkunci di bularan yang mengelilingi quasar, Lubang Hitam supermasif yang menembakkan ledakan energi.

"Lubang hitam supermasif ini berkobar selama bertahun-tahun sebelum ledakan yang lebih mendadak ini," ujar Matthew Graham, seorang astronom di Caltech dan ilmuwan proyek untuk ZTF, dalam sebuah pernyataan universitas.

Baginya cahaya akibat tabrakan itu bukanlah hal yang aneh. "Lubang hitam supermasif seperti ini selalu menyala," kata Mansi Kasliwal, seorang astronom di Caltech seraya menambahkan, mereka bukan benda yang tenang, tapi waktu, ukuran dan lokasi suar ini spektakuler.

Para ilmuwan menduga, berdasarkan pasangan gelombang gravitasi dan cahaya, suar muncul dari dua Lubang Hitam kecil yang bergabung dalam piringan akresi Lubang Hitam supermasif. Gravitasi lubang hitam supermasif yang sangat kuat memengaruhi benda-benda kecil di cakram, bahkan lubang hitam lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3278 seconds (0.1#10.140)