KIA Perkenalkan Transmisi Manual Terpintar di Rio EcoDynamic 2021

Minggu, 28 Juni 2020 - 10:46 WIB
loading...
KIA Perkenalkan Transmisi Manual Terpintar di Rio EcoDynamic 2021
KIA Rio EcoDynamic2021. FOTO/ IST
A A A
SEOUL - KIA Rio EcoDynamic (2021) akan menjadi model pertama yang dilengkapi dengan transmisi manual pintar (iMT) yang dikembangkan untuk mesin kendaraan hybrid-light (MHEV).

Sistem kopling dibangun untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi emisi karbon dioksida (CO2), sembari mencoba menghubungkan pengemudi dengan fitur transmisi manual konvensional. BACA JUGA - Beda Jauh dari yang Sekarang, Toyota Fortuner 2020 Terlihat di Dealer-Dealer

Dibandingkan dengan sistem tradisional yang terhubung secara mekanis dan menggunakan tekanan hidrolik, kopling iMT beroperasi sepenuhnya elektronik dan dipasangkan dengan 48V hybrid ringan. iMT bekerja dengan generator-hybrid starter-ringan (MHSG) untuk mematikan mesin lebih awal dari sistem start-stop ketika berhenti.Akomodasi lampu depan sama-sama memakai LED. Sementara pada bagian buritan penyegarannya juga terbilang minim penyegaran. BACA JUGA - Siap diproduksi, Suzuki Pastikan Pasar Motor Listrik Masih Belum Jelas

Roda gigi yang dipilih tetap terhubung bahkan ketika mesin dimatikan, dan mesin memulai kembali pada gigi yang sama sesuai dengan respons pengemudi untuk menekan pedal rem atau pedal oli. Berkat pemadaman listrik yang disediakan MHSG. BACA JUGA - Pasar Hatchback Melempem, Toyota Akan Bunuh Yaris Akhir Juni 2020

Transmisi akan menghidupkan ulang engine dalam kondisi netral (dengan kopling terbuka) jika pengemudi menekan pedal kopling untuk mengganti gigi, atau jika kecepatan kendaraan terlalu lambat untuk gigi yang digunakan.

Menurut Kia, iMT akan meningkatkan efisiensi bahan bakar secara keseluruhan dan mengurangi emisi CO2 hingga 3 persen secara waktu nyata.

Inilah cara kerja kopling Kia iMT:

- Jika mobil ada di gigi ketika mulai bergerak, itu akan memperlambat kendaraan.
- Ketika berada di gigi, iMT mengirimkan sinyal elektronik ke gearbox dan MHSG untuk mematikan mesin dan membuka kopling.
- Dengan mesin dimatikan, dan transmisi terputus dengan kopling terbuka, ini memungkinkan mobil untuk terus bergerak dengan energi kinetik.
- Ketika pengemudi menekan pedal oli untuk berakselerasi, atau menekan pedal kopling untuk mengganti gigi, MHSG akan menyalakan mesin di salah satu gigi yang dipilih pengemudi, atau di netral (dengan kopling terbuka).
- Tenaga listrik MHSG dan baterai 48V menyediakan engine dan transmisi dengan cepat.
- Jika mobil lebih lambat di bawah kecepatan tertentu, misalnya terlalu lambat untuk posisi gigi tertentu, mesin akan dihidupkan ulang dengan bantuan sistem hybrid, dan kopling ditutup untuk menghindari kelebihan mesin.

Sulit membayangkan bagaimana iMT bekerja tanpa presentasi visual. Namun Kia mengklaim bahwa sistem transmisi baru akan mempertahankan operasi dan respons pengemudi yang sama dengan transmisi manual konvensional. Teknologi baru Kia tentu menjadi kabar baik bagi pengemudi manual, terutama bagi mereka di Eropa yang masih suka mengendarai mobil dengan peralatan manual.

Ini karena setiap operasi gigi masih memerlukan respons pengemudi seperti menekan pedal kopling dan mengganti gigi, sama seperti transmisi manual biasa.

Model Kia dengan kopling iMT akan diperkenalkan di Kia Rio EcoDynamics + (2020) yang diharapkan di Eropa pada kuartal ketiga tahun ini dengan bensin ringan 1,0L T-GDi hybrid baru. Sistem kemudian akan dipasangkan dengan model Kia lainnya bersama dengan jajaran engine baru dan traksi MHEV.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1413 seconds (0.1#10.140)