alexametrics

Naganaya Indonesia-Kemenperin Gelar Webinar Nasib Industri 4.0

loading...
Naganaya Indonesia-Kemenperin Gelar Webinar Nasib Industri 4.0
Webinar Road to Indonesia 4.0 Conference & Expo dengan tema Analisis Dampak COVID-19: Bangkitnya Industri pada era The New Normal diadakan untuk menjawab nasib Revolusi Industri 4.0 di Tanah Air. Foto/Ist
A+ A-
JAKARTA - Semua negara setuju Industri 4.0 dimulai dengan munculnya internet dan teknologi digital arus utama, terutama perangkat internet. Kini Industri 4.0 telah menjadi subjek perdebatan dan diskusi beberapa negara selama beberapa dekade terakhir. (Baca juga: Menkop dan UKM Teten Masduki Percepat UMKM Go Digital)

Indonesia sendiri telah menjadi negara yang menerapkan era Revolusi Industri 4.0. Berbagai teknologi yang menandakan dimulainya revolusi industri 4.0 ialah industri manufaktur, transportasi, dan lainnya.

Namun adanya pandemik Corona Virus Diseases 19 (COVID-19) yang terjadi di lebih 200 negara di dunia, termasuk Indonesia, beberapa pertanyaan datang dari masyarakat dan pelaku industri terkait perkembangan industri manufaktur. Khususnya di Indonesia pada masa pandemik.



Untuk menjawabnya, Naganaya Indonesia bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan Federasi Teknologi Informasi Indonesia (FTII), akan menggelar kegiatan webinar Road to Indonesia 4.0 Conference & Expo. "Webinar mengambil tema Analisis Dampak COVID-19: Bangkitnya Industri pada era The New Normal," kata Aditya Adiguna, Direktur Utama Naganaya Indonesia.

Webinar berlangsung dengan menggunakan aplikasi cisco webex dengan menghadirkan nara sumber yang berkompeten di bidangnya. Antara lain, Agus Gumiwang Kartasasmita (Menteri Perindustrian), Xavier Denoly (Country President Schneider Electric Indonesia), Prakash Chandran (President Director and CEO PT Siemens Indonesia), Marina Kacaribu (Country Managing Director PT Cisco System Indonesia), dan Andi Budimansyah Ketua Federasi Teknologi dan Informasi Indonesia (FTII).

Aditya Adiguna mengutarakan, webinar akan dilaksanakan dalam tiga tahapan untuk menuju kegiatan Road to Indonesia 4.0 Conference & Expo, yakni pada 1, 8, dan 15 Juli 2020. Salah satu tema yang diangkat adalah menyikapi Indonesia 4.0 pada era “The New Normal“.

"Kegiatan webinar ini tentunya dapat menjadi sebuah sarana bagi pelaku industri untuk mendapatkan informasi terkait strategi dalam menghadapi pandemik ini sekaligus mendengarkan langsung dari pemerintah melalui Kementerian Perindustrian mengenai insentif yang diberikan oleh Pemerintah," tuturnya.

Webinar diharapkan menjadi salah satu langkah awal komunitas dan pemangku kepentingan untuk mendapatkan jawaban dari isu yang sedang berkembang pada era pandemik. "Diharapkan setelahnya dapat membantu memberikan pemahaman/pengalaman yang baik kepada masyarakat," harap Aditya Adiguna.
(iqb)
preload video
KOMENTAR ANDA
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak