alexametrics

NASA Bikin Lomba Desain Toilet di Bulan, Hadiahnya Rp500 Juta

loading...
NASA Bikin Lomba Desain Toilet di Bulan, Hadiahnya Rp500 Juta
Ilustrasi Toilet. FOTO/ IST
A+ A-
CALIFORNIA - Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) berambisi mengirimkan astronaut mereka untuk pergi ke bulan pada 2024 mendatang. Para astronaut dan kru jelas membutuhkan sistem toilet yang baik selama menjalankan misi.

Untuk itu, NASA dilaporkan tengah mengadakan sayembara publik berhadiah bagi mereka yang bisa mendesain toilet di Bulan. BACA JUGA - Dynamic Shield Pajero Sport Facelift Ujian Berat Fortuner 2020

Dikutip dari CNN, Senin (29/6/2020) ada total hadiah USD 35.000 atau sekitar Rp 500 juta yang ditawarkan NASA bagi mereka yang bisa mendesain toilet untuk digunakan di Bulan. BACA JUGA - Beda Jauh dari yang Sekarang, Toyota Fortuner 2020 Terlihat di Dealer-Dealer



NASA kemungkinan besar mengadaptasi desain toilet yang mirip untuk pendaratan bulan Artemis miliknya. Toilet ini perlu bekerja dengan baik dalam gaya berat mikro ruang, atau nol-g.

Di Bulan, yang gravitasinya adalah sekitar seperenam dari yang kita rasakan di Bumi, sesuai dengan pedoman desain yang diposting oleh NASA dan HeroX, memungkinkan siapa pun menciptakan tantangan untuk memecahkan masalah ini.

Pada misi NASA 2024 nanti, akan mencakup astronot wanita pertama yang melakukan perjalanan ke bulan, sehingga toilet harus dapat mengakomodasi pria dan wanita.

Desain toilet juga harus hemat air dan membantu menjaga lingkungan yang bersih serta bebas dari bau dan kontaminan lainnya.

"Bonus akan diberikan untuk desain yang bisa menangkap muntah tanpa mengharuskan anggota kru meletakkan kepalanya di pingir toilet," tulis NASA pada pedoman lomba desain toilet ini.

Syarat lainnya, toilet ini bisa mendukung dua astronot selama 14 hari dan memungkinkan untuk transfer limbah yang dikumpulkan ke penyimpanan atau untuk pembuangan di luar kendaraan.

Selain itu, Toilet harus mudah dibersihkan, dan hanya perlu daya kurang dari 70 watt. Penyesuaian dengan kondisi luar angkasa juga diperlukan sehingga bobot toilet harus kurang dari 33 pound dari berat di Bumi dan volumenya kurang dari 0,12 meter kubik.

Hadiah utama sayembara dari NASA ini senilai USD 20.000. Sementara bagi para pemenang kedua dan ketiga akan mendapatkan USD 10.000 dan USD 5.000. Batas waktu pengiriman desain adalah 17 Agustus dan pemenang akan diumumkan pada bulan Oktober.
(wbs)
preload video
KOMENTAR ANDA
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak