Hebat, Apple iOS 14 Beta Ungkap TikTok Mata-matai Pengguna iPhone

Senin, 29 Juni 2020 - 14:05 WIB
loading...
Hebat, Apple iOS 14 Beta Ungkap TikTok Mata-matai Pengguna iPhone
Sistem Operasi iOS 14 versi Beta sanggup mendeteksi sejumlah aplikasi, termasuk TikTok, yang memata-matai pengguna iPhone. Foto/Phone Arena
A A A
CUPERTINO - Papan klip (clipboard) pada perangkat Apple iPhone digunakan untuk menyimpan sementara data yang telah disalin dari satu aplikasi dan disisipkan di aplikasi lain. Hanya satu item dari aplikasi yang dapat disimpan sekaligus. (Baca juga: Waspada 47 Game Android ini Terdeteksi Adware Jahat )

Masalahnya adalah ketika Anda menyalin beberapa data penting ke clipboard seperti nomor rekening bank atau nomor jaminan sosial, beberapa aplikasi dapat mengambil informasi ini langsung dari clipboard Anda.

Menurut Digital Trends, perkara ini diungkap oleh iOS 14 versi beta publik pertama. Disebutkan, TikTok masih mengakses clipboard dari pelanggan pemegang iPhone.

TikTok merupakan aplikasi berbagi video pendek yang belakangan ini sangat populer tapi rawan kontroversi. Dilansir dari Phone Arena, Institut Peterson untuk Ekonomi Internasional menyebut TikTok masih rawan dalam hal keamanan.

November tahun lalu, perusahaan induk TikTok, Beijing ByteDance Technology Co. diselidiki oleh Pemerintah AS karena gagal melakukan pembelian Musical.ly senilai USD1 miliar yang dilakukan oleh Komite Investasi Asing di Amerika Serikat (CFIUS). Komisi ini memiliki otoritas menyelidiki pembelian perusahaan AS oleh perusahaan asing.

Pada bulan Februari, sepasang pengembang menemukan masalah dengan sistem copy paste di iOS yang membuat informasi sensitif tidak terlindungi. Salah satu pengembang yang menemukan masalah ini, Tommy Mysk.

Dia mengatakan kepada Digital Trends bahwa pada WWDC 2020, masalahnya telah diperbaiki berkat fitur di iOS 14 yang menunjukkan peringatan kepada pengguna iPhone ketika aplikasi sedang membaca clipboard iPhone Anda.

Laman Telegraph juga melaporkan, ketika versi beta iOS 14 dirilis awal bulan ini, pengguna mulai menerima pemberitahuan yang mengungkapkan bahwa aplikasi seperti AccuWeather, AliExpress, Call of Duty Mobile, Berita Google, Overstock, Patreon, dan TikTok memata-matai pengguna.

Jeremy Burge, "Chief Emoji Officer" di Emojipedia mengunggah di akun Twitter-nya seberapa sering TikTok mengakses clipboard iPhone-nya. Video tersebut menunjukkan, setiap satu hingga tiga ketukan TikTok berusaha mengambil konten papan klip-nya.

Setiap kali TikTok mencoba tindakan ini, Jeremy diperingatkan. Video lain yang diunggah oleh Ryan Jones menunjukkan bagaimana iOS 14 memperingatkan pengguna ketika clipboard mereka sedang dimata-matai.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5264 seconds (0.1#10.140)