alexametrics

Telkom-CCFI sediakan internet murah di perpustakaan

loading...
Telkom-CCFI sediakan internet murah di perpustakaan
Ilustrasi/Foto: Istimewa
A+ A-
Sindonews.com - Telkom bekerja sama dengan Coca Cola Foundation Indonesia (CCFI) mengembangkan layanan internet murah di perpustakaan. Tujuannya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui pengetahuan yang didapat di perpustakaan.

General Manager segmen PGS Telkom, Pontjo Suharwono mengatakan, Telkom akan menyediakan akses WiFi di setiap perpustakaan umum Perpuseru yang dikelola CCF di 34 perpustakaan di 16 provinsi. Perpuseru yang dikelola Pemda Sukabumi sudah menikmati fasilitas tersebut.

"Kami berharap dengan tersedianya akses internet gratis di perpustakaan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya untuk meningkatkan kualitas hidupnya," katanya di Jakarta (1/4/2014).



Pontjo menjelaskan, para pengunjung akan menggunakan kartu spin Indischool milik Telkom dengan harga akses Rp1.000 dengan masa waktu 24 jam. Dia menyatakan, akses internet di perpustakaan umum ini untuk meningkatkan pengguna internet di Indonesia yang baru mencapai 71,19 juta pada akhir 2013.

Angka ini hanya naik 13 persen dibanding 2012 yang sekitar 63 juta pengguna. Harga layanan internet kabel atau fixed broadband yang mahal dan tidak merata masih menjadi hambatan penetrasi internet di Tanah Air.

Padahal, dalam tuntutan Millenium Development Goals (MDGs) yang disepakati International Telecom Union (ITU), 50 persen penduduk Indonesia harus terhubung internet pada 2015.

Wakil Ketua Pelaksana CCFI Triyono Priyosoesilo menjelaskan, Perpuseru yang dijalankan CCFI ini sejalan dengan program Indischool yang tengah dilakukan Telkom. Program itu mendukung pengembangan layanan internet murah bagi dunia pendidikan.

Karena itu, BUMN telekomunikasi ini tertarik untuk berkontribusi dalam penyediaan akses internet di perpustakaan umum mitra Perpuseru.

Direktur Program Perpuseru, Erlyn Sulistyaningsih menjelaskan, saat ini lebih dari 5.000 pengguna perpustakaan telah mendapatkan pelatihan-pelatihan di perpustakaan mitra Perpuseru, termasuk pelatihan komputer dan internet.

Menurutnya, ada lebih dari 3,5 juta orang telah mendapat akses internet gratis untuk mencari pekerjaan atau informasi untuk mengembangkan bisnisnya.

Perpuseru merupakan sebuah rogram hasil kerja sama CCFI dengan Bill and Melinda Gates Foundation (BMGF) yang diluncurkan pada 2011.

Perpuseru saat ini telah mnejangkau 34 perpustakaan di 16 provinsi di Indonesia melalui penyediaan akses komputer dan internet, pelatihan pustakawan, serta advokasi dan kemitraan.

"Kami mempunyai visi membuka mata masyarakat akan perpustakaan yang dapat meningkatkan kualitas hidup komunitas perempuan, pemuda dan usaha mikro," pungkasnya.
(izz)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak