alexametrics

Startup Jepang ini Ciptakan Masker Pintar untuk Hadapi New Normal

loading...
Startup Jepang ini Ciptakan Masker Pintar untuk Hadapi New Normal
Masker pintar C-Mask. FOTO/ IST
A+ A-
TOKYO - Sebutan new normal di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini, membuat masker menjadi benda wajib yang perlu digunakan manusia selama beraktivitas sehari-hari.

Salah satu startup asal Jepang, Donut Robotics, mengembangkan masker pintar yang memiliki banyak fungsi. BACA JUGA - Dynamic Shield Pajero Sport Facelift Ujian Berat Fortuner 2020

Donut Robotics mengembangkan masker pintar ini dapat terhubung dengan internet untuk mengirimkan pesan dan menerjemahkannya dari bahasa Jepang ke delapan bahasa lainnya. BACA JUGA - Beda Jauh dari yang Sekarang, Toyota Fortuner 2020 Terlihat di Dealer-Dealer



Diberi nama C-Mask, masker standart tesebut memiliki akses Bluetooth ke aplikasi di smartphone dan tablet yang dapat menyalin percakapan ke dalam bentuk teks.

Selain itu, C-Mask dapat melakukan panggilan hingga mengatur volume suara penggunanya.

"Kami telah bekerja keras selama bertahun-tahun untuk mengembangkan robot dan kami telah menggunakan teknologi itu untuk menciptakan produk untuk menanggapi virus corona," kata Taisuke Ono, kepala eksekutif Donut Robotics, dikutip dari Reuters, Senin (29/6/2020).

Ide pembuatan Masker tersebut dilakukan para insinyur Donut Robotics ketika mereka mencari produk untuk membantu perusahaan bertahan di tengah pandemi.

Awalnya, fitur penerjemah yang ada pada masker pintar itu dikembangkan Donut Robotics untuk robot pemandu dan penerjemah yang mereka kembangkan untuk Bandar Udara Haneda di Tokyo.

Sebanyak 5.000 unit C-Mask Donat Robotics pertama akan dikirim ke pembeli di Jepang mulai bulan September mendatang.

C-Mask nantinya akan dijual di Tiongkok, Amerika Serikat dan Eropa karena ada minat yang kuat dari negara-negara tersebut.

Donut Robotics mengembangkan Masker tersebut hanya dalam waktu satu bulan dengan mengadaptasi perangkat lunak terjemahan yang dikembangkan untuk pembuatan robotnya dan didesain oleh salah satu insinyur perusahaan, Shunsuke Fujibayashi.
(wbs)
preload video
KOMENTAR ANDA
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak