alexametrics

Bukan Cuma TikTok, 50 Aplikasi Lain Kedapatan Baca Clipboard Pengguna iOS

loading...
Bukan Cuma TikTok, 50 Aplikasi Lain Kedapatan Baca Clipboard Pengguna iOS
ilustrasi aplikasi mobile. FOTO/ IST
A+ A-
NEW DELHI - Belum lama ini ada laporan yang menyebutkan bahwa aplikasi TikTok membaca clipboard pengguna iOS. (Baca juga: Ahli Sebut Virus Corona Bisa Bertahan 20 Tahun dalam Minus 20 Derajat)

Hal tersebut diketahui lewat salah satu fitur baru yang ada di iOS 14 yang memiliki kemampuan untuk memberikan notifikasi ke pengguna kapan pun ada aplikasi yang mengakses clipboard perangkat mereka. (Baca juga: Erick Minta 4 BUMN Patungan Buat Perusahaan Baterai Mobil Listrik)

Namun ternyata berdasarkan laporan dari ArsTechnica, peneliti bernama Talal Haj Bakry dan Tommy Mysk mengungkap, TikTok ternyata tidak sendirian.



Pasalnya, ada lebih dari 50 aplikasi populer di iOS yang melakukan hal serupa.

Dikutip dari laman Ubergizmo, Selasa (30/6/2020), selain TikTok ada aplikasi portal berita Wall Street Journal, New York Times, dan Fox News, serta aplikasi game seperti Fruit Ninja dan PUBG Mobile.

Lalu pada aplikasi media sosial juga ditemukan seperti Viber dan Weibo.

"Hal ini sangatlah berbahaya. Aplikasi-aplikasi ini membaca clipboard perangkat pengguna pada tidak ada alasan kuat terkait mengapa aplikasi-aplikasi ini butuh informasi yang ada di clipboard," kata Mysk.

Tidak diketahui alasan apa yang membuat aplikasi-aplikasi ini mencoba untuk mengakses clipboard pengguna.

Atas kejadian tersebut, TikTok membenarkan tindakannya dan beralasan karena perusahaan ingin mencegah spam dan mereka pun berjanji akan menghapus fitur ini.
(wbs)
preload video
KOMENTAR ANDA
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak