Iran blokir WhatsApp

Senin, 05 Mei 2014 - 21:13 WIB
Iran blokir WhatsApp
Iran blokir WhatsApp
A A A
Sindonews.com - Berita cukup mengejutkan, aplikasi messaging paling populer di dunia diblokir oleh pemerintah Iran. WhatsApp yang baru saja diakuisisi oleh Facebook, merupakan sebuah aplikasi yang banyak diandalkan oleh masyarakat Iran untuk berkomunikasi baik dalam maupun di luar negara ini.

Dilansir Phonearena, Senin (5/5/2014), alasan pemblokiran ini rupanya dipicu karena Mark Zuckerberg CEO and founder WhatsApp disinyalir seorang Zionis Amerika. Pelarangan yang sama juga terjadi pada layanan pesan WeChat tahun lalu.

Salah satu narasumber Abdolsamad Khorramabadi yang merupakan Ketua Iran's Committee on Internet Crimes mengatakan bahwa "Ini terkait dengan isu sensistif bahwa WhatsApp milik Mark Zuckerberg adalah mata-mata berbahaya Amerika.

Meskipun begitu Facebook, Instagram, Twitter, Viber, dan YouTube masih leluasa digunakan. Bahkan, beberapa pejabat pemerintah masih aktif situs jejaring sosial tersebut.

Hal ini memunculkan rencana pemerintah Iran untuk menerapkan penyensoran berbagai konten di internet secara berkala dan bertahap. Data pelacakan di Iran menjadi prioritas menyusul kerusuhan pemilu tahun 2009 dan 2011.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7796 seconds (0.1#10.140)