alexametrics

Instagram Kembangkan Reels, Fitur Kloningan TikTok

loading...
Instagram Kembangkan Reels, Fitur Kloningan TikTok
Fitur Kloningan TikTok dari Instagram. FOTO/ IST
A+ A-
MENLO PARK - Instagram mengembangkan fitur baru yang mereka sebut Reels. Jika dilihat fitur ini mirip sekali dengan aplikasi TikTok.

Sebelumnya fitur pesaing TikTok ini sudah lebih dulu diluncurkan di Brasil tahun lalu. Kini, fitur tersebut memperluas jangkauannya ke pengguna di Perancis dan Jerman. BACA JUGA - Lawan Brompton, KTM dan Harley-Davidson Produksi Sepeda Gaya-Gayaan

Dikutip dari Techcrunch, Selasa (30/6/2020), fitur Reels di Instagram memungkinkan pengguna mereka video pendek berdurasi 15 detik yang juga bisa diatur ke musik atau audio lainnya. Kemudian pengguna bisa membagikannya di platform di mana video tersebut berpotensi menjadi viral. (Baca juga: Ahli Sebut Virus Corona Bisa Bertahan 20 Tahun dalam Minus 20 Derajat)



Reels yang mirip TikTok ini juga akan menyediakan alat pengeditan yang membuatnya lebih mudah untuk merekam video-video dengan cara lebih kreatif.

Sejak diluncurkan di Brasil 2019 lalu, Instagram banyak belajar untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam menggunakan Reels.

Sebelumnya, Reels dimaksudkan hanya dapat dibagikan di dalam Instagram Stories.

Namun, komunitas Instagram mengatakan mereka menginginkan kemampuan untuk berbagi Reels dengan follower dan teman dengan cara yang lebih permanen, serta memiliki kesempatan untuk memperluas distribusi itu secara lebih luas.

Selain itu, komunitas Instagram juga mengatakan mereka menginginkan ruang khusus yang dapat dengan mudah menyusun dan menonton Reels orang lain.

Dengan ekspansinya fitur mirip TikTok ini di Jerman dan Prancis, Instagram memindahkan Reels ke ruang khusus di profil pengguna dan Eksplore (untuk akun publik) sehingga orang dapat berbagi dengan audiens baru dan berbagi di Instagram Feed.

Reels bukanlah upaya pertama dari perusahaan induk Instagram, Facebook, untuk menantang popularitas TikTok yang semakin meningkat.

Facebook sebelumnya meluncurkan aplikasi video pendek Lasso, tapi gagal mendapatkan perhatian dari pengguna.
(wbs)
preload video
KOMENTAR ANDA
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak