Percaya atau Tidak, iOS dan Android Semakin Serupa

Jum'at, 13 Juni 2014 - 10:17 WIB
Percaya atau Tidak, iOS dan Android Semakin Serupa
Percaya atau Tidak, iOS dan Android Semakin Serupa
A A A
NEW YORK - Dulu iOS dan Android dianggap kutub berlawanan, yang satu tertutup, namun dapat mengantarkan pengalaman menggunakan ponsel dengan lancar, dan satunya lagi platform terbuka dengan memberikan pengalaman kebebasan bagi pengguna. Jan Dawson dari Techpinions menunjukkan bahwa selama beberapa tahun terakhir, Apple dan Google telah bekerja membuat iOS dan Android serupa lebih dari yang perusahaan ingin Anda percaya.

Dilansir dari BGR, Jumat (13/6/2014), dari sisi Android, Google lebih banyak mengunci vendor mitra terbesarnya. Dengan begitu membantu memastikan pengalaman pengguna yang kuat.

Tahun depan Google dan mitranya akan mengungkap ponsel pertama yang mengusung label "Android Perak". Hal ini menandakan mereka memenuhi standar baru Google dalam memberikan pengalaman Android secara konsisten lebih baik dengan lebih sedikit bloatware dan perubahan UI.

Di sisi Apple, tampaknya perusahaan sedang mencari cara membuka platform mobile sedikit demi sedikit. Baru-baru ini, ketika mengumumkan iOS 8 untuk pertama kalinya, mereka membiarkan pengembang pihak ketiga menawarkan keyboard pengganti seperti Swype dan SwiftKey.
Selain ini, Dawson juga mencatat bahwa Apple mulai mendapatkan lebih banyak ambisi dibandingkan Google, seperti untuk mendapatkan iOS tidak hanya ke perangkat kecil, tapi tetap difokuskan beberapa produk.

"Dalam bentuk HealthKit dan HomeKit, Apple mulai terlihat mengintegrasikan sejumlah besar perangkat pihak ketiga untuk melacak kesehatan dan kebugaran di satu sisi dan mengendalikan rumah pintar di sisi lain," tulis Dawson.

Dia menambahkan, dalam kedua domain tersebut, Apple sedang mengejar pendekatan yang lebih terbuka. Tidak hanya mengendalikan software, tapi juga menghubungkan hardware, seperti pendekatan Google dan Microsoft di masa lalu.

Tampaknya, tidak ada satu perusahaan melakukan segala sesuatu dengan sempurna. Apple, Google dan Microsoft, semua banyak belajar dari satu sama lain. Hasilnya adalah baik Google dan Apple mengakui ataupun tidak, Android dan iOS semakin mirip dan tidak lebih berbeda.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3042 seconds (0.1#10.140)