Tesla Motor Selesaikan Sengketa Merek dengan China

Kamis, 07 Agustus 2014 - 15:09 WIB
Tesla Motor Selesaikan Sengketa Merek dengan China
Tesla Motor Selesaikan Sengketa Merek dengan China
A A A
BEIJING - Tesla Motor dikabarkan telah menyelesaikan perselisihan merek dagang dengan sebuah perusahaan China. Sengketa ini telah berlangsung dua kali, dimana sebelumnya pengusaha Tiongkok Zhan Baosheng, mengklaim telah mematenkan merek "Tesla" sebelum produsen mobil asal AS tersebut datang ke Negeri Tirai Bambu.

Melansir laman Inautonews, Kamis (7/8/2014) bahkan Zhan Baosheng sempat melakukan somasi ke pihak Tesla Motor pada Januari lalu, kemudian menggugat manufaktur yang bermarkas di California itu bulan lalu.

CEO Tesla, Elon Musk tidak menganggap enteng kasus ini. Pasalnya Musk mengharapkan menjadi pemain mobil listrik terbesar di pasar global pada 2015. China merupakan pasar yang sangat potensial untuk memulai ekspansi tersebut.

Disebutkan pihak Tesla Motor menyiapkan solusi lengkap untuk perselisihan merek dagang ini. Beijing pun telah menggelontorkan insentif besar yang meliputi subsidi pembelian dan potongan pajak untuk mempercepat penjualan mobil listrik.

Dalam sebuah pernyataan, Tesla Motor mengatakan bahwa, " Zhan Baosheng telah setuju menyelesaikan proses pembatalan merek dagang Tesla yang telah didaftarkan atau dialihkan tanpa biaya untuk Tesla Motor."

Tesla versi Zhan Baosheng memiliki basis di provinsi Guangdong, China. Merek dagannya terdaftar pada 2006 dengan nama Tesla dalam bahasa Inggris dan Cina. Ironisnya ia sebelumnya telah mencoba untuk menjual label tersebut ke perusahaan AS tapi negosiasi runtuh.

Tesla menyatakan pada Rabu (6/8) bahwa telah berhasil menandatangani perjanjian dengan Mr Zhan Baosheng untuk benar-benar dan secara damai menyelesaikan sengketa antara kedua pihak. Tindakan ini menghapus keraguan sehubungan dengan hak-hak tak terbantahkan Tesla untuk merek dagang di China.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2862 seconds (0.1#10.140)