alexametrics

Canggih, Sterilkan Gudang Makanan dengan Robot Disinfeksi

loading...
Canggih, Sterilkan Gudang Makanan dengan Robot Disinfeksi
Para ilmuwan telah mengembangkan berbagai alat kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Salah satunya adalah robot disinfeksi yang berfungsi untuk mensterilkan gudang penyimpanan makanan. Foto/dok
PARA ilmuwan telah mengembangkan berbagai alat kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Salah satunya adalah robot disinfeksi yang berfungsi untuk mensterilkan gudang penyimpanan makanan. Penempatan robot ini diklaim mampu mensterilkan sekitar 90% virus corona.

Menjaga kebersihan rumah mungkin masih mudah dilakukan seseorang, tetapi bagaimana dengan menjaga kebersihan gudang? Sebagian orang menilai bisa juga menjaga kebersihan gudang, tetapi perlu waktucukup lama karena mesti menggunakan zat kimia berbahaya dan biaya yang tidak sedikit.



Alasan di atas menjadikan tim peneliti dari Laboratorium Ilmu Pengetahuan dan Kecerdasan Buatan (CSAIL) Institut Teknologi Massachusetts (MIT) merancang robot baru yang mampu mendisinfeksi permukaan dengan kuat dan menetralkan bentuk-bentuk virus corona. Mereka bekerja sama dengan Ava Robotics dan Greater Boston Food Bank (GBFB).

Para peneliti menggunakan lampu UVC yang dirancang khusus di CSAIL yang terintegrasi dengan basis robot mobile Ava Robotics. Hasilnya cukup menggembirakan, robot ini dapat digunakan untuk disinfeksi lingkungan lain seperti pabrik, restoran dan supermarket. (Baca: Indonesia Bergabung bersama WHO Teliti Virus Covid-19)



Sinar UV-C telah terbukti efektif membunuh virus dan bakteri pada permukaan benda dan aerosol di udara. Namun paparan sinarnya tidak aman bagi manusia sehingga harus dijauhkan penggunaannya. Untungnya robot telepresence Ava tidak memerlukan pengawasan manusia.
halaman ke-1 dari 4
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
KOMENTAR ANDA
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak