8 Aplikasi Video Call Populer Berdasarkan Jaminan Keamanannya

Sabtu, 04 Juli 2020 - 17:57 WIB
loading...
8 Aplikasi Video Call Populer Berdasarkan Jaminan Keamanannya
Pandemik virus Corona memaksa orang untuk tetap di rumah saja. Hal ini menambah permintaan akan aplikasi konferensi video, tapi tak semuanya aman. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Di tengah masa pandemik Covid-19 , layanan panggilan video menjadi sangat populer. Berbagai penyedia layanan pun berlomba memberikan kualitas terbaik bagi para penggunanya. (Baca juga: Keamanan Bermasalah, Zoom Minta Pengguna Beralih ke Versi Terbaru )

Namun bagaimana dengan tingkat keamanan pada masing-masing layanan? Baru-baru ini sebuah riset dilakukan oleh para peneliti keamanan dengan Mozilla, sebuah organisasi nirlaba privasi, untuk mengevaluasi keamanan pada beberapa aplikasi panggilan video.

Di antara platform tersebut terdapat nama-nama terkenal seperti Zoom, Google Hangouts, Skype, dan Microsoft Teams.

Evaluasi ini memberikan nilai pada masing-masing aplikasi untuk tingkat keamanannya.

Dirangkum dari laman Business Insider, berikut 8 (delapan) besar aplikasi dengan nilai tertinggi pada temuan di panduan Mozilla "Privacy Not Include".

1. Zoom: 5/5 bintang
Laporan ini mengakui jika Zoom memiliki banyak masalah soal privasi dan keamanan. Namun masalah tersebut diiringi dengan peningkatan keamanan yang dilakukan Zoom.
8 Aplikasi Video Call Populer Berdasarkan Jaminan Keamanannya

Seperti yang diketahui, beberapa waktu lalu Zoom memang menjanjikan adanya perbaikan celah keamana dalam 90 hari. Hasilnya dalam laporan Mozilla ini, Zoom memiliki nilai tinggi menggunakan enkripsi, merilis perbaikan bug, dan mengatur perlindungan kata sandi yang kuat.

2. Skype: 5/5 bintang
Berikutnya ada pemain lawas, Skype, yang dikatakan dengan fitur blur pada background menambah privasi penggunanya. Selain itu platform ini juga menggunakan terjemahan bahasa secara real-time dan tidak seperti beberapa aplikasi lain, menelepon menggunakan nomor reguler.

3. Facebook Messenger: 5/5 bintang
Salah satu produk dari keluarga besar Facebook ini mendapatkan skor sempurna karena melakukan perbaikan bug secara regular, enkripsi, dan proteksi pada password.
8 Aplikasi Video Call Populer Berdasarkan Jaminan Keamanannya

Namun Mozilla juga memberikan catatan jika Messenger bisa mengumpulkan data lewat fitur kamera.

4. Microsoft Teams: 5/5 bintang
Mozilla menilai Microsoft Teams karena telah melakukan sejumlah langkah keamanan selama beberapa bulan terakhi. Aktivitas itu dilakukan bersamaan saat Zoom dihantam isu keamanan.

5. Blue Jeans: 5/5 bintang
Platform video call yang berfokus untuk bisnis juga memiliki nilai sempurna pada laporan ini. Namun Mozilla mengkritik pemiliknya yakni Verizon karena menentang netralitas, memperingatkan bahwa secara teoritis bisa throttling atau pembatasan aplikasi video call lain di jaringannya demi Blue Jeans.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0022 seconds (0.1#10.140)