Monyet yang Pernah Terinfeksi Corona Kebal Terhadap Virus Serupa

Minggu, 05 Juli 2020 - 17:21 WIB
loading...
Monyet yang Pernah Terinfeksi Corona Kebal Terhadap Virus Serupa
Empat ekor monyet rhesus sengaja disuntikan virus corona sebagai bahan penelitian. Kemudian, 28 hari setelahnya, keempat monyet itu terindikasikan terlindungi dari infeksi virus baru serupa. Foto/Ist
A A A
BEIJING - Tim peneliti dari Peking Union Medical College , Beijing, China, mengungkapkan, monyet rhesus yang telah terinfeksi virus Corona, memiliki antibodi dan imun yang lebih kuat. (Baca juga: Selain COVID-19, Ada 8 Virus yang Tercatat Pernah Membuat Warga Bumi Cemas )

Sebelumnya, empat ekor monyet rhesus sengaja disuntikan virus Corona sebagai bahan penelitian, karena kemiripan genetisnya dengan manusia. Kemudian, 28 hari setelahnya, keempat monyet itu terindikasikan terlindungi dari infeksi virus baru serupa.

Keempat monyet menunjukkan peningkatan temperatur tubuh untuk waktu yang singkat, api tidak menunjukkan gejala infeksi COVID-19 seperti sebelumnya.

Mengutip South China Morning Post, Minggu (5/7/2020), penelitian ini sudah dipublikasikan di jurnal Science. Dalam penelitian itu, terlihat terjadi peningkatan bertahap dari antibodi keempat monyet, terhadap virus Corona.

Para peneliti menduga, antibodi menjadi penyebab monyet-monyet terlindungi dari infeksi COVID-19 berikutnya. Jumlah antibodi tersebut terus meningkat dari tiga hari setelah infeksi awal, 14 ,hari dan 21 hari kemudian.

Kendati demikian, para peneliti tidak mau terburu-buru mengambil keputusan. Masih diperlukan penelitian lanjutan untuk mengetahui seberapa lama efek tersebut akan bertahan. Kemudian, juga untuk mengetahui apakah perlindungan yang sama juga akan direspons oleh tubuh manusia.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1974 seconds (0.1#10.140)