alexametrics

Mampu Meluncur 360 KM/Jam, Jepang Luncurkan Kereta Antigempa Pertama di Dunia

loading...
Mampu Meluncur 360 KM/Jam, Jepang Luncurkan Kereta Antigempa Pertama di Dunia
Kereta cepat (Shinkansen) N700S yang baru diluncurkan ini dapat melaju dengan kecepatan maksimum360 km per jam dan tahan gempa bumi melintasi jalur dengan latar belakang Gunung Fuji, Jepang. Foto: dok.twitter@japan/central japan railway company
TOKYO - Jepang tak henti mengembangkan teknologi perkeretapian. Setelah proses desain dan pengembangan memakan waktu hingga 13 tahun, pekan lalu Jepang mulai mengoperasikan kereta baru, N700S. Kereta yang melayani jalur perjalanan Stasiun Tokyo-Stasiun Shin itu tidak hanya dapat meluncur hingga 360 km per jam, tapi juga dirancang mampu beroperasi dan mengantarkan penumpang ke titik tujuan dengan selamat, sekalipun terjadi gempa.

N700S merupakan salah satu kereta api tercepat di dunia dan kini masuk dalam barisan Tokaido Shinkansen. Meski dapat melaju amat cepat, kecepatan selama operasi akan dibatasi hanya sampai 285 kilometer per jam. Ini merupakan kereta peluru terbaru milik Central Japan Railway dalam 13 tahun terakhir. “Ini (N700S) merupakan kereta Shinkansen terbaik. Itu menawarkan kualitas tempat duduk hingga kenyamanan di dalam gerbong kereta,” kata Presiden Central Japan Railway, Shin Kaneko, dilansir Railway Gazette.

Kaneko menyatakan, N700 merupakan pencapaian teknologi terkini Jepang. “Saya yakin penumpang akan merasa nyaman,” tandasnya. (Baca: Jaraknya Triliunan Kilometer, 8 Planet Ini Layak Huni karena Mirip Bumi)

Awalnya, kereta tersebut dirancang untuk melayani turis lokal dan asing menyusul akan digelarnya Olimpiade Tokyo tahun ini, sebelum akhirnya ditunda pada 2021. Tokaido Shinkansen juga menjadi transportasi kereta cepat utama dan pertama selama pergelaran Olimpiade Musim Panas di Jepang pada 1964.

Dari segi desain, N700S tidak terlalu berbeda dengan model sebelumnya, N700 dan N700A, kecuali logo barunya yang elegan. Namun, secara detail, N700S mengalami sedikit perubahan di bagian pipi dan lampu depan. Di bagian dalam, setiap kursi dilengkapi colokan listrik menyusul tingginya penggunaan ponsel di kereta.

Lampu di bagian dalam memancarkan cahaya yang lebih lembut hingga menciptakan suasana yang lebih tenang. Tempat penyimpanan barang dan tas di bagian atas akan menyala di setiap stasiun untuk mengingatkan penumpang atas barang mereka. Kereta terbaru juga dilengkapi gudang bagasi yang lebih luas.

Operasi N700S juga disebut lebih halus dan senyap setelah dipasangnya sistem suspensi aktif baru yang dapat menyerap pergerakan kereta. Selain meningkatkan kenyamanan, kereta terbaru juga dilengkapi sistem rem dan kendali otomatis yang lebih baik sehingga dapat berhenti lebih cepat dalam kondisi darurat. “N700S juga dilengkapi baterai lithium-ion self-propulsion,” ungkap Central Japan Railway, dikutip CNN. (Baca juga: Jubir Covid-19 Ungkap Ada 552 Kasus Baru Covid di Jawa Timur)
halaman ke-1 dari 2
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
KOMENTAR ANDA
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak