3D Laser Scanning Teknologi untuk Arsitektur

Selasa, 04 November 2014 - 08:54 WIB
3D Laser Scanning Teknologi untuk Arsitektur
3D Laser Scanning Teknologi untuk Arsitektur
A A A
JAKARTA - Kini hadir sebuah teknologi revolusioner untuk arsitektur dan perencanaan renovasi bangunan, yakni 3D Laser Scanning.

Laser scanning architecture dapat menghindari kesalahan perencanaan dan meningkatkan efisiensi proyek, dengan menggunakan Faro Focus3D laser scanner. Pengukuran cangkang gedung untuk direnovasi, dapat dilakukan dengan FARO Focus3D laser scanner.

Division Manager, PT Datascrip, Gatot Priyo Laksono mengemukakan, saat ini masih banyak perusahaan arsitektur yang masih bekerja dengan data 2D.

Akibatnya, banyak menimbulkan distorsi pada file 2D tersebut, padahal ini sangat penting sebagai dasar untuk perencanaan pembangunan ruang interior serta fasilitas outdoor.

"Gambar lengkap 2D, seperti rencana lantai, lintas-bagian dan elevasi, juga dapat dibuat dari data pemindaian 3D yang dihasilkan dengan FARO Focus3D," ungkapnya dalam keterangan tertulis kepada Sindonews, Selasa (4/11/2014).

Menurutnya, dengan membuat pemindaian dalam bentuk 3D memudahkan untuk membandingkan status perencanaan dengan bangunan yang ada. Kesalahan perencanaan dapat terdeteksi dalam waktu yang lebih singkat dan dapat diperbaiki sebelum tahap konstruksi dimulai.

"Jika perbedaan tersebut terdeteksi pada saat pekerjaan konstruksi dilaksanakan, biaya tambahan yang signifikan mungkin akan terjadi, dan kerugian fungsional dalam desain bisa muncul," jelasnya.

Sebaliknya, kepastian perencanaan yang diperlukan dapat dicapai dalam waktu yang singkat melalui pengukuran 3D yang diambil dengan FARO laser scanner. Keakuratan hasil pengukuran dengan FARO Focus 3D juga akan digunakan untuk pengukuran façade.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1331 seconds (0.1#10.140)