Wamenkes Dante Saksono Dikukuhkan sebagai Guru Besar Tetap FKUI

Minggu, 23 Oktober 2022 - 10:44 WIB
loading...
Wamenkes Dante Saksono Dikukuhkan sebagai Guru Besar Tetap FKUI
Wamenkes Dante Saksono Harbuwono resmi dikukuhkan sebagai Guru Besar Tetap Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI). Foto/Dok/UI
A A A
JAKARTA - Wakil Menteri Kesehatan ( Wamenkes ), Dante Saksono Harbuwono resmi dikukuhkan sebagai Guru Besar Tetap Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI).

Ia dikukuhkan secara langsung oleh Rektor Universitas Indonesia, Ari Kuncoro di Aula IMERI Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Kampus Salemba, Jakarta, Sabtu (22/10/2022).



Pria kelahiran Temanggung, 23 Maret 1973 itu meraih gelar guru besar setelah merampungkan penelitiannya berjudul "Kedokteran Presisi sebagai Masa Depan Layanan Kedokteran di Indonesia: Fokus pada Diabetes Melitus dan Kelainan Tiroid".

Usai seremoni pengukuhan guru besar di aula IMERI FKUI Salemba Jakarta, Dante menyampaikan dunia kedokteran di Indonesia sudah saatnya untuk mulai menerapkan ilmu precision medicine (kedokteran presisi).

"Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, dunia kedokteran terus memasuki era baru untuk memberikan layanan kesehatan yang terbaik," ujarnya, Sabtu (22/10/2022).



Ia mengemukakan, ilmu kedokteran pada awalnya disebut intuitive medicine (kedokteran intuisi), yakni pemberian layanan berdasarkan tanda dan gejala pasien secara umum.

Kemudian, lanjut dia, berkembang menjadi evidence bassed medicine (kedokteran berbasis bukti), yakni pemberian layanan kedokteran berbasis ilmiah.

"Ke depan, ternyata itu tidak cukup, contohnya diabetes. Diabetes yang terkontrol gula darahnya di Indonesia cuma 30 persen, sisanya meski ada obat tidak terkontrol, karena kita tidak melihat respon obat terhadap orang per orang, maka berkembang ilmu precision medicine," ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3203 seconds (0.1#10.140)