alexametrics

Optimisme Pasar Mobil Domestik dan Ekspor Menggeliat Pada Kuartal IV

loading...
Optimisme Pasar Mobil Domestik dan Ekspor Menggeliat Pada Kuartal IV
Industri automotif nasional optimistis pasar mobil domestik dan ekspor kembali normal pada kuartal IV/2020. Foto: dok/SINDOnews
JAKARTA - Industri automotif nasional optimistis pasar mobil domestik dan ekspor kembali normal pada kuartal IV/2020. Hal ini didasari pada keberhasilan penanganan pandemi Covid-19 di beberapa negara tujuan ekspor. Pun adanya kemajuan penanganan pandemi di Tanah Air.

“Kami yakin di kuartal IV situasi akan lebih baik. Pasar bisa rebound dua hingga tiga kali lipat dibandingkan saat puncak pandemi,” ungkap Presdir PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono di Jakarta, kemarin.



Sebagai pengekspor mobil terbesar asal Indonesia, selama pandemi, kegiatan produksi pabrikan Jepang itu terhantam cukup dalam. Kegiatan produksi sempat terhenti karena anjloknya permintaan kendaraan di pasar domestik dan luar negeri. (Baca: Delapan Mobil Listrik Ini Berhasil Curi Perhatian di 2020)

Volume ekspor industri automotif nasional dalam bentuk utuh (completelybuiltup/CBU) berdasarkan catatan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada April dan Mei 2020, hanya 2.878 unit pada April dan 2.595 unit pada Mei 2020. Capaian itu terkoreksi jauh dibandingkan Maret 2020, yang masih mampu mengekspor 6.472 unit.



Namun demikian, data Gaikindo menunjukkan ekspor kendaraan roda empat dari Indonesia selama kuartal I/2020 (Januari-Maret) secara total tercatat 77.315 unit, meningkat 9% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
halaman ke-1 dari 3
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
KOMENTAR ANDA
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak