alexametrics

Indonesia sedang Membangun Observatorium Terbesar di Asia Tenggara

loading...
Indonesia sedang Membangun Observatorium Terbesar di Asia Tenggara
Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasiona
JAKARTA - Indonesia bakal memiliki teleskop optik berdiameter 3,8 meter. Alat ini bagian dari Observatorium Nasional Timau, dan akan menjadi observatorium terbesar di Asia Tenggara.

Observatirium merupakan sebuah sarana dengan perlengkapan pengamatan seperti teleskop, yang dapat digunakan untuk melihat langit dan peristiwa yang berhubungan dengan astronomi. BACA JUGA - China Kembali Lahirkan Virus Baru, Pes Hantui Penduduk Mongolia



Pembangunan ini dilakukan oleh Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inivasi Nasional (Kemenristek/BRIN), melalui Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). BACA JUGA - 8 Motor Ngebul Bekas yang Harganya Semakin Ugal-Ugalan di 2020

Sesuai namanya, Observatorium Nasional Timau berlokasi di kawasan hutan lindung lereng Gunung Timau, Kupang, Nusa Tenggara Timur, dan akan menjadi objek wisata yang dinamakan Taman Nasional Langit Gelap.



“Untuk menetapkan Gunung Timau sebagai lokasi Observatorium Nasional, kajian kualitas langit untuk pengamatan sudah dilakukan selama lebih dari tujuh tahun oleh para astronom ITB (Institut Teknologi Bandung,” tulis Kemenristek/BRIN, melalui akun Twitter resminya, Selasa (7/7/2020).
halaman ke-1 dari 2
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
KOMENTAR ANDA
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak