alexametrics

Pesan Jusuf Kalla

AHM Harus Tingkatkan Kapasitas Ekspor ke Luar Negeri

loading...
AHM Harus Tingkatkan Kapasitas Ekspor ke Luar Negeri
Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. Foto: Gilang Satria.
A+ A-
KERAWANG - Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla (JK) berpesan kepada produsen sepeda motor Honda agar terus meningkatkan kapasitas ekspor guna menambah devisa negara. Sebab hingga kini Indonesia sangat terbuka memberikan kesempatan investasi.

"Mengembangkan investasi keuangan dan memberikan kesempatan kerja bagi masyarakat. Diharapkan juga dapat memberikan devisa negara dengan ekspor yang baik," ujar JK saat meresmikan pabrik keempat PT Astra Honda Motor (AHM) di Kawasan Induatei Indotaisei, Kota Bukit Indah, Karawang, Jawa Barat, Kamis (11/12/2014).

JK menambahkan, pendirian pabrik diharapkan dapat menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar. Menghasilkan tenaga kerja yang terampil dan banyak menggunakan teknologi terkini. Selain itu, juga dapat menghadirkan produk yang berkualitas tapi dapat dijangkau oleh masyarakat.



"Mobil dan sepeda motor memiliki dampak yang harus diselesaikan. Makin banyak sepeda motor makin banyak kecelakaan, kemacetan dan akhirnya subsidi BBM yang lebih besar. Oleh karena itu hal ini harus diimbangi dengan pajak yang lebih tinggi," imbuh JK.

JK mengatakan, saat ini Honda telah menjadi bagian dari masyarakat. Merek berlambang kepakan sayap ini bahkan telah menjadi merek generik. "Meski pakai merek lain tapi sebagian masyarakat Indonesia masih menyebut Honda," imbuh JK.

"Tahun lalu pemerintah harus mengeluarkan 270 triliun untuk subsidi BBM. 50%-nya dinikmati kendaraan pribadi. Tetapi itu dapat diselesaikan untuk memberikan kemashalatan bersama," ungkapnya

Terakhir JK berpesan agar Honda Indonesia mampu memberikan contoh yang baik bagi industri lain. Memajukan Indonesia karena negeri ini memiliki potensi yang sangat besar. "Indonesia memiliki kebudayaan yang baik, tenaga kerja yang terampil dan lahan luas," pungkasnya.
(dol)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak