Xiaomi Dilarang Dijual di India

Jum'at, 12 Desember 2014 - 13:43 WIB
Xiaomi Dilarang Dijual di India
Xiaomi Dilarang Dijual di India
A A A
NEW DELHI - Produsen smartphone asal China Xiaomi, telah dilarang mengimpor dan menjual produknya di India, terkait masalah hak paten.

Dilansir dari Ibtimes, Jumat (12/12/2014), larangan ini muncul setelah pengadilan New Delhi memenangkan tuntutan Ericsson atas kegagalan Xiaomi menanggapi permintaan royalti.

Royalti yang dituntut atas paten standar lisensi milik Ericsson untuk semua produsen. Keputusan Pengadilan Tinggi Dehli dilaporkan oleh Spicy IP, menunjukkan bahwa para pejabat di India telah diarahkan mengunjungi kantor Xiaomi untuk memastikan perintah tersebut dipatuhi.

Ericsson mengatakan bahwa, penggunaan paten oleh Xiaomi "tidak adil". "Tidak adil karena Xiaomi mendapat keuntungan dari investasi besar R&D kami, dan tidak membayar biaya lisensi yang wajar untuk teknologi kami," ucap pihak Ericsson dalam sebuah wawancara kepada Tech Crunch.

Setelah usaha itu berjalan selama tiga tahun menggunakan lisensi untuk produk, mulai dari GSM, EDGE, dan UMTS/standar WCDMA. Xiaomi terus menolak untuk merespon dengan cara apapun mengenai ketidakadilan lisensi ini. Kemudian berujung dengan Ericsson yang mengambil tindakan hukum, sebagai upaya terakhir.

Belum jelas, apakah pelarangan tersebut untuk ponsel Xiaomi tertentu atau semua varian. Saat ini, Xiaomi menjual Mi3, Redmi dan Redmi Note phablet di negara ini.

Perusahaan China juga telah menanggapi berita tersebut, mengatakan belum mendengar langsung dari pengadilan India tersebut. Namun, pihaknya menyatakan bersifat terbuka untuk memulai pembicaraan dengan Ericsson dalam mengatasi masalah tersebut.

"India adalah pasar yang sangat penting bagi Xiaomi dan kami akan segera merespon sesuai kebutuhan dan sesuai dengan hukum India. Selain itu, kami terbuka untuk bekerja sama dengan Ericsson untuk menyelesaikan masalah ini secara damai," jawab pihak Xiomi.

Perusahaan ini secara luas diperkirakan akan meluncurkan smartphone di negara-negara barat di beberapa titik mulai 2015
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.1102 seconds (0.1#10.140)