Produksi iPhone 12 Menandai Transisi Lengkap Apple ke Layar OLED

Rabu, 08 Juli 2020 - 07:29 WIB
loading...
Produksi iPhone 12 Menandai Transisi Lengkap Apple ke Layar OLED
Apple menjadi iPhone 12 yang dirilis tahun ini menandai bertransisinya merek ke penggunaan layar OLED untuk semua produk handphone-nya. Foto/ist
A A A
CUPERTINO - Bukan kejutan besar, model iPhone 12 Max 5,4 inci dan 6,1 inci dengan resolusi layar tinggi akan datang dengan display OLED , lapor Nikkei, Selasa (7/7/2020). (Baca juga: Begini Tampilan Bodi Seri iPhone 12 yang Bocor di Internet )

Sebelumnya, tidak jelas apakah salah satu dari keduanya akan menggunakan layar LCD atau tidak. Sumber-sumber di industri belum bisa mengonfirmasi apakah model iPhone 2020 akan menunjukkan transisi Apple lengkap ke tampilan OLED.

"Keempat iPhone baru semuanya akan dilengkapi dengan layar OLED yang fleksibel. Namun, masih akan ada takik, atau bezel, di bagian atas iPhone. Karena Apple tidak dapat mengintegrasikan modul ID Wajah ke dalam layar," kata sumber dalam industri kepada Nikkei.

Sekarang, tidak ada keraguan bahwa 2020 akan menjadi tahun pertama ketika Apple akan merilis kuartet iPhone 12 dengan semuanya menggunakan teknologi layar OLED. Butuh waktu 9 tahun bagi perusahaan untuk beralih ke OLED setelah Galaxy S pertama kali diperkenalkan oleh Samsung dengan layar Super AMOLED 480x800 nan unik dan belum terbukti, tetapi sekarang teknologi itu lebih murah dan ada di mana-mana.

LG Jadi Bintang
Apple memang mencari cara keluar dari ketergantungannya terhadap Samsung, termasuk bekerja pada hal-hal seperti teknologi microLED.

Tahun lalu, Apple mencoba untuk menjauh dari Samsung dengan mendekati LG dan BOE. Tetapi hasilnya, mereka hampir tidak cukup untuk batch kecil atau bagian perbaikan, sehingga Samsung kembali mendapatkan bagian terbesar dari pesanan pasokan iPhone OLED.

Sekarang Apple yakin bahwa LG akhirnya bisa melakukan tugasnya dan media Korea telah melaporkan Cupertino telah memesan 20 juta panel 6,1 inci iPhone 12 Max. Untuk diketahui, iPhone 12 Max akan menjadi pewaris langsung dari iPhone 11 yang pada gilirannya telah menjadi handphone paling populer untuk dibeli di AS sejak diluncurkan.

Fakta Apple mempercayai LG dengan panel OLED 6,1 inci menunjukkan tingkat kesiapan yang mungkin tidak dimiliki LG tahun lalu. Hal itu menjelaskan investasi besar dan prioritas jalur produksi panel OLED ukuran kecil dan menengah.

Tiga iPhone baru lainnya -5,4 inci iPhone 12, 6,1 inci iPhone 12 Pro, dan 6,7 inci iPhone 12 Pro Max- dikatakan memiliki layar yang dipasok oleh Samsung, dengan jumlah total 55 juta pesanan. Angka-angka tersebut menunjukkan Apple memperkirakan setidaknya 75 juta iPhone akan dijual di kuartal pertama setelah iPhone 12 dirilis pada musim gugur. Dan bagian terbesar dari mereka hadir dengan tampilan buatan LG.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2530 seconds (0.1#10.140)