Ikuti Jejak Apple, Samsung Bisa Bikin Susah Konsumen Flagship

Kamis, 09 Juli 2020 - 14:59 WIB
loading...
Ikuti Jejak Apple, Samsung Bisa Bikin Susah Konsumen Flagship
Samsung dikabarkan akan mengiirim handphone flagship-nya ke konsumen tanpa charger. Kebijakan ini mengikuti langkah Apple untuk iPhone 12 yang meluncur tahun ini. Foto/Muh Iqbal/SINDOnews
A A A
SEOUL - Peluncuran iPhone 12 sudah dekat, kebocoran bermunculan setiap hari. Salah satu berita terbesar datang dari analis spesialis Apple, Ming-Chi Kuo, yakni seri iPhone 12 dikabarkan dikirim ke konsumen tanpa menyertakan pengisi daya dan earpod di dalam kotak ritel. (Baca juga: Cari Duit USD50 Miliar, Apple Ingin Orang Kecanduan Game Arcade )

Artinya, konsumen hanya akan mendapatkan beberapa dokumen dan handphone di dalam kotak. Anda pun harus membeli pengisi daya atau charger sendiri.

Fatalnya, langkah Apple menyusahkan konsumen kabarnya juga mau diikuti Samsung. Perusahaan Korea Selatan itu kemungkinkan ikut "melepas" pengisi daya dari kotak handphone.

Cukup jelas bagaimana setiap perusahaan mengikuti jejak Apple. Ambil saja jack headphone 3,5 mm sebagai contoh. Samsung sebelumnya mengolok-olok Apple ketika mereka melepaskan jack headphone. Ironisnya, Samsung pada akhirnya juga melepas jack headphone dari semua flagship-nya.

Hal yang sama terjadi dengan tindakan Apple lainnya. Seri iPhone 12 memperkenalkan bahasa desain yang berani dan hasilnya? Setiap ponsel lain menampilkan desain kamera yang lebih berani, sebut saja Oppo Reno4.

Pengisi Daya Dijual Terpisah
Laman Giz China melaporkan, tindakan baru Apple melepas charger dan earpod dari kotak mau diikuti oleh Samsung. Laporan tersebut berasal dari ETNews di mana mereka mengklaim Samsung juga berencana untuk menjual ponsel andalannya tanpa charger.

Namun tindakan menyusahkan konsumen ini belum dikonfirmasi sampai sekarang. Samsung Galaxy Note20, sebagai flagship terbaru pabrikan, datang bulan depan, dan sepertinya Samsung tidak mau mengambil risiko dengan seri Note20.

Seperti biasa, pertama-tama mereka akan membiarkan Apple melakukan kebijakan buruk tersebut. Lalu Samsung diyakini akan menghapus pengisi daya dari kotak untuk ponsel unggulan keluaran tahun 2021.

Seperti yang Anda tahu Apple menggunakan port flash untuk seri iPhone, yang tidak universal. Namun Samsung menggunakan port USB Type-C yang bersifat universal dan dapat ditemukan di smartphone lain merek apa pun, baik ponsel entry-level atau flagship.

Hal inilah yang membuat pengguna Apple paling menderita. Sebab banyak dari mereka yang tidak akan memiliki kabel yang sesuai iPhone-nya, sementara kabel USB-Type C tersedia di mana-mana dengan harga murah.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1534 seconds (0.1#10.140)