Lewat Netray, Semua Orang Bisa Analisis Keramaian Media Sosial

Kamis, 09 Juli 2020 - 15:32 WIB
loading...
Lewat Netray, Semua Orang Bisa Analisis Keramaian Media Sosial
Netray bekerja dengan kecerdasan istimewa. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Di tengah derasnya arus informasi, perbincangan media sosial bukan lagi angin lalu. Analisis terhadap realitas sosial dapat membantu pengembangan bisnis berbasis pemanfaatan media sosial.

Netray, produk media monitoring platform tools berdiri di antara arus itu. Tak cuma mengakomodir kebutuhan bisnis, Netray juga hadir untuk masyarakat luas, sebagai alat penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan. Netray ingin menjadi solusi bagi berbagai kalangan yang memiliki kebutuhan terhadap analisis arus informasi.

"Dengan diluncurkannya Netray, kami berharap bisa memberi dan menjadi solusi untuk kebutuhan masyarakat mengenai media monitoring service yang dapat diakses oleh kalangan luas dan user-friendly. Dengan hadirnya Netray yang terbuka baik untuk bisnis maupun untuk pribadi, kami akan selalu bersemangat menghadapi tantangan-tantangan di depannya untuk terus mengembangkan Netray hingga menjadi media monitoring tools yang paling unggul, terutama di Indonesia," kata Banu Antoro, Chief Operating Officer Netray.id. BACA JUGA - Aplikasi, Streaming dan Game Asing Dibikin Tak Berkutik di Puluhan Negara Ini

Netray bekerja dengan kecerdasan istimewa. Netray dapat memproses jutaan data dan mengonversikannya ke dalam grafis. Melalui statistik dari data yang dikumpulkan, pengguna bisa mendapat gambaran tentang seberapa ramai suatu topik dibicarakan di media sosial dan diberitakan di portal media online. Dalam analisisnya, Netray menerapkan metode deep learning untuk menganalisis sentimen dan memprediksi gender.

Analisis sentimen jadi kata kunci penting dalam keunggulan Netray. Analisis sentimen adalah muatan emosi (label emosi) dalam sebuah kalimat di media sosial. Netray membagi tiga kategori sentimen: positif, netral, dan negatif. Lalu, mengapa analisis sentimen itu penting? Sederhana saja. Melalui hasil analisis sentimen dapat diketahui opini dan arah pembahasan topik pada suatu kalimat.

Dengan kecerdasannya, Netray juga mampu menunjukkan jaringan percakapan sebagai instrumen analisis. Jaringan percakapan adalah jaringan yang memperlihatkan akun-akun yang paling banyak ditandai warganet saat membahas suatu topik. Lewat jaringan percakapan, pengguna Netray dapat mengetahui seberapa luas sebuah topik dibahas sekaligus melihat siapa akun yang paling berpengaruh dalam topik tersebut.

Selain kemampuan-kemampuan di atas, Netray juga menghadirkan sensasi pembacaan data yang sangat user-friendly. Netray memiliki kemampuan membaca topik secara cepat melalui "Top Words". Selain itu, Netray juga dapat menunjukkan topic traffic melalui "Peak Time". Dengan Peak Time, pengguna Netray dapat mengetahui intensitas perbincangan topik per waktu. Lainnya, Netray juga dapat memudahkan penggunanya membaca isi topik melalui kicauan dan media populer.

"Bukan hanya korporasi atau politik saja, tetapi dengan adanya paket baru dari Netray, memungkinkan semua orang bisa memakai BigData dan Ai untuk sebagai media monitoring dan menganalisa kebutuhannya. Apakah UMKM, influencer ataupun selebgram. Anda cukup mulai mendaftar di Netray.id dengan gratis," tegas CEO Netray.id, Moho Setiya dalam keterangannya.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1735 seconds (0.1#10.140)