NTSB: Selfies dan Flash Pemicu Kecelakaan Pesawat

Rabu, 04 Februari 2015 - 10:16 WIB
NTSB: Selfies dan Flash Pemicu Kecelakaan Pesawat
NTSB: Selfies dan Flash Pemicu Kecelakaan Pesawat
A A A
ARIZONA - Menggunakan smartphone selama di pesawat memang sesuatu yang biasa jika Anda seorang penumpang. Tapi jika pengguna ponsel yang menerbangkan pesawat atau berada di dekat pilot, justru bisa menjadi sumber kecelakaan.

Dikutip dari Slashgear, Rabu (4/2/2015), Dewan Nasional Keselamatan Lalu Lintas (NTSB) merilis hasil temuan mereka atas kecelakaan sebuah pesawat jet pribadi Mei tahun lalu. Mereka menyalahkan pengambilan foto selfies dan penggunaan flash sebagai memicu jatuhnya pesawat.

Menurut laporan mereka, pilot mengalami disorientasi spesial karena terganggu saat menerbangkan pesawat. Pada penerbangan itu, diketahui pilot dan crew saat itu tengah mengambil foto selfies dan menggunakan flash. Sang pilot dan salah satu penumpang meninggal akibat kecelakaan tersebut.

GoPro ditemukan oleh para penyidik menemukan rekaman penerbangan yang mengungkap kecelakaan itu sendiri. NTSB mengungkapkan, bahwa penggunaan smartphone mengganggu pilot dan mengambil kontribusi menimbulkan disorientasi spesial dan hilangnya kontrol.

"Rekaman GoPro mengungkapkan pilot dan penumpang saat mengambil foto sendiri dengan ponsel, saat penerbangan malam, menggunakan flash kamera saat lepas landas, naik awal, dan masuk dalam pola penerbangan lalu lintas," ujar NTSB.

Ada kemungkinan pilot melepaskan kemudi untuk mengambil foto. Data radar menunjukkan, pesawat berangkat dari landasan pacu, masuk ke pola lalu lintas, dan mendarat enam menit kemudian.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1232 seconds (0.1#10.140)