Lima Hal yang Salah tentang Game Mobile dan Kita Tak Menyadarinya

Jum'at, 10 Juli 2020 - 08:20 WIB
loading...
Lima Hal yang Salah tentang Game Mobile dan Kita Tak Menyadarinya
Game seluler yang beredar saat ini secara tidak langsung menguras keuangan para gamer. Padahal disebutkan bahwa game ini bebas untuk diunduh dan dimainkan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Elemen permainan sangat terkait dengan budaya dan masyarakat kita. Ini adalah alat evolusi untuk membantu kita mempelajari hal-hal baru dengan cara yang paling menyenangkan. (Baca juga: Mengisi Waktu saat Pandemik, ini Delapan Game Online Populer 2020 )

Saat ini, evolusi tersebut "berhenti" di game mobile modern. Namun ada banyak hal negatif yang pada akhirnya merusak filosofi game modern ini sendiri. (Baca juga: Kasus Positif Harian Capai 2.657, Jokowi: Ini Sudah Lampu Merah )

Merujuk laporan Phone Arena, berikut ini kesalahan-kesalahan yang ada di game seluler tapi kita tidak menyadarinya secara langsung:

1. Strategi shotgun -game seluler sebagai platform iklan
Salah satu masalah besar dengan game mobile adalah game mobile ada di mana-mana, seperti halnya smartphone itu sendiri. Karena itu, fakta ini adalah peluang lain bagi perusahaan untuk menjejali pengguna dengan iklan.
Lima Hal yang Salah tentang Game Mobile dan Kita Tak Menyadarinya

Game-nya sendiri sangat nyaman untuk diunduh sehingga kita memberikan semua sumber daya dan waktu yang biasanya dihabiskan perusahaan ini untuk menargetkan audiens-nya. Tapi itu bukan masalah utamanya.

Game seluler sangat bermanfaat sebagai platform iklan sehingga banyak pengembang mulai membuat game dengan tujuan tunggal meraup pendapatan melalui iklan. Kita memiliki jutaan game seluler di Google Play Store dan Apple AppStore, dan jutaan orang mengunduhnya di ponselnya. Tidak masalah apakah game itu baik atau buruk, iklan akan menemukan jalannya ke handphone seseorang. Demikian juga semua iklan.

Semua ini berdampak pada kualitas game seluler. Bahkan sebelum kita mempertimbangkan betapa menjengkelkannya menonton iklan ini dan diminta untuk membayar pengalaman bermain game online bebas iklan.

2. Mendorong perjudian
Game seluler modern mengeksploitasi psikologis manusia lainnya, efek judi. Ini sangat sederhana. Letakkan hadiah besar di belakang generator acak dan lihat bagaimana orang akan menghabiskan banyak waktu dan uang untuk bermain untuk hadiah itu.
Lima Hal yang Salah tentang Game Mobile dan Kita Tak Menyadarinya

Ambil contoh, game RPG seluler apa pun dan Anda akan melihat mekanisme yang mengunci pahlawan, senjata, mantra, atau apa pun di balik peristiwa acak. Anda mengumpulkan pecahan untuk menarik pahlawan, atau membelanjakan mata uang dalam gim, atau membayar dengan uang sungguhan.

Anda bisa menghabiskan Rp717.000 hanya sekali tarik untuk pahlawan yang layak dengan peluang kurang 1% untuk sukses. Hal ini berulang karena membuat ketagihan gamer, padahal ini tidak memenuhi syarat sebagai gameplay nyata.

3. Transaksi mikro
Sebagian besar game seluler dicap sebagai free-to-play, tapi selalu ada opsi untuk pembelian dalam permainan. Terkadang orang secara tak sadar menghabiskan ribuan dolar untuk permainan yang disebut sebagai free-to-play. Masalahnya di sini adalah sangat sedikit game yang menerapkan pembelian dalam game ini tanpa berdampak pada gameplay.
Lima Hal yang Salah tentang Game Mobile dan Kita Tak Menyadarinya

Dan masalahnya bukan Anda membayar uang dalam jumlah besar pada game seluler. Ini bukan ketidakseimbangan dalam permainan yang dihasilkan dari hal di atas.

Masalah sebenarnya ialah pengembang sekarang membuat game yang secara khusus sesuai dengan model bisnis ini. Ada paywalls yang tak terhitung jumlahnya dan hal-hal seperti cerita atau gameplay kurang penting. Kenyataannya adalah kita terjebak dengan ribuan game seluler yang mirip yang memainkan hal sama dan kadang-kadang bahkan terlihat sama.

4. Teka-teki idle
Yang mengejutkan, apa yang disebut game idle sedang meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Premisnya adalah Anda sangat sibuk, bahwa gamer tidak punya waktu untuk bermain, sehingga permainan itu dimainkan sendiri, kurang lebih. Tentu saja, sekali atau dua kali sehari Anda harus masuk untuk mengumpulkan hadiah, menonton iklan itu, dan mungkin membeli sesuatu.
Lima Hal yang Salah tentang Game Mobile dan Kita Tak Menyadarinya

Kebutuhan akan game idle adalah hasil alami dari banyaknya game mobile yang terus bertambah. Anda sudah memiliki satu atau dua game yang diinstal pada ponsel Anda. Kemudian ketika ada yang bisa dimainkan sendiri atau auto, Anda masih punya waktu untuk yang lain. Dan sebelum Anda menyadarinya, ada selusin game di ponsel dan gamer ternyata hampir tidak melakukan "bermain" sama sekali.

5. Siklus hidup game seluler Infinite
Akhirnya, semua masalah yang disebutkan di atas melahirkan "rasa ingin tahu" yang lain. Sekilas, banyak dari game mobile ini tampak epik dan tidak pernah berakhir.
Lima Hal yang Salah tentang Game Mobile dan Kita Tak Menyadarinya

Ada banyak pembaruan, pahlawan baru, acara baru. Siklus hidup nyata dari game-game ini sangat tidak terduga. Dan itu benar-benar membuat frustrasi, bahkan jika kita mengesampingkan semua masalah lain.

Anda menghabiskan waktu dan kemungkinan besar uang Anda, berinvestasi dalam permainan dan suatu hari semuanya hilang. Tidak ada yang bisa dilakukan selain mulai menjelajah untuk baris berikutnya. Lingkaran setan!
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1486 seconds (0.1#10.140)