alexa snippet

iPhone 6 vs Sony Xperia Z3 Compact

iPhone 6 vs Sony Xperia Z3 Compact
iPhone 6 vs Sony Xperia Z3 Compact. Foto: Istimewa
A+ A-
WASHINGTON - Keduanya adalah ponsel andalan produsen smartphone besar, yakni iPhone 6 dan Sony Xperia Z3 Compact. Meskipun sama-sama diunggulkan, namun keduanya memiliki perbedaan signifikan dari berbagai segi.

Kedua smartphone terbaru ini hadir dengan layar 5 inci, sehingga bisa dikatakan akan menjadi pilihan sulit untuk memilihnya, jika pengguna mencari ponsel dari sisi ukuran layar. Seperti dilansir dari Pcadvisor, Rabu (25/2/2015), kedua handset anyar baru ini memiliki ukuran serupa. Berikut beberapa perbedaan untuk kedua ponsel andalan tersebut:

Harga

Pembeda pertama antara kedua smartphone ini adalah harga. iPhone 6 ketika dirilis ponsel ini dibanderol 539 euro (Rp7,8 juta) untuk model 16GB. Sedangkan Xperia Z3 Compact hanya menawarkan model 16GB dan biaya 429 euro (Rp6,3 juta) langsung dari Sony, atau bahkan lebih terjangkau pada harga di pasarnya.

Jadi Sony Xperia Z3 Compact, pengguna bisa berhemat setidaknya 110 euro atau sekitar Rp1,5 juta. Tapi jika Anda membutuhkan penyimpanan internal lebih dari 16GB, maka harus merogoh kocek lebih dalam untuk iPhone model 64GB atau 128GB seharga Rp9,1 juta dan Rp10,2 juta.

Desain

Menengok desain pada kedua smartphone ini, meskipun memiliki ukuran layar yang sama, tapi soal desain sangat berbeda. Xperia Z3 Compact berhasil menekan layarnya menjadi lebih kecil. Body ponsel asal negeri Sakura itu adalah 127x65mm, sedangkan iPhone 6 138x67mm.

Namun, Xperia Z3 Compact lebih tebal ketimbang iPhone 6, dengan 8,6mm dibandingkan iPhone yang tipisnya 6,9mm. Sedangkan dari sisi bobot, justri iPhone 6 lebih berat karena bobotnya 127gram, dibandingkan dengan Z3 Compact 129gram, hampir selisih 2gram.

tipis

Seluruh tampilan dan nuansa dari iPhone 6 dan Xperia Z3 Compact sangat berbeda. iPhone 6 memiliki desain bulat lembut, dibuat dengan kaca dan aluminium yang ramping dan bergaya. Bagian tepi bulat dan layar yang kurva halus, membuatnya merasa benar-benar nyaman di tangan.

Sony Xperia Z3 Compact juga memiliki kaca dan desain berbasis aluminium, namun dibangun dengan daya tahan di garis depan. Memiliki potongan nilon sudut yang harus menyerap guncangan, dan mencegah smartphone dari kerusakan jika terjatuh, dan itu sepenuhnya memiliki ketahanan debu dan air hingga 1,5 meter.

Daya tahan jelas merupakan suatu faktor yang bisa membantu membuat keputusan antara kedua smartphone ini. Jika ingin menggunakan smartphone Anda di dapur, di kamar mandi, di pantai atau kolam renang, Sony Xperia Z3 Compact kemungkinan menjadi pilihan terbaik.

Tetapi bagi mereka yang tidak begitu khawatir tentang daya tahan, iPhone 6 adalah bagian yang menakjubkan dari kit, yang tersedia dengan pilihan warna perak, emas, atau abu-abu dan Z3 Compact tersedia dalam warna putih, hitam, oranye atau hijau.
halaman ke-1 dari 4
loading gif
Top