Inilah Javelin, Rudal Anti-Tank yang Digunakan Ukraina Melawan Rusia

Sabtu, 11 Juli 2020 - 00:02 WIB
loading...
Inilah Javelin, Rudal Anti-Tank yang Digunakan Ukraina Melawan Rusia
Javelin dikenal sebagai rudal anti-tank portabel. Cara mengoperasikannya cukup dilakukan oleh seorang prajurit terlatih. Javelin yang juga dikenal dengan nama FGM-148, merupakan rudal buatan Amerika Serikat yang dirakit oleh Lockheed Martin dan Raytheon.
A A A
KIEV - Ukraina deklarasikan siap perang dengan Rusia. Situasi saat ini semakin memanas di wilayah Donbass, Ukraina, yang berbatasan langsung dengan Rusia.

Menurut laporan yang beredar, Rusia telah mengirimkan pasukannya ke perbatasan, lengkap dengan tank dan senjata berat lainnya. Sementara Ukraina, juga telah menyiapkan pasukannya termasuk rudal Javelin. BACA JUGA -Nggak Ngebul dan Berisik, Motor 2 Listrik Siap Hadir

Rudal Javelin baru-baru ini menjadi populer akibat konflik tersebut. Javelin dikenal sebagai rudal anti-tank portabel. Cara mengoperasikannya cukup dilakukan oleh seorang prajurit terlatih. BACA JUGA - Muka R25 Pantat TMax, Yamaha Mio 2020 Tertangkap Basah di Jalan?

Javelin yang juga dikenal dengan nama FGM-148, merupakan rudal buatan Amerika Serikat yang dirakit oleh Lockheed Martin dan Raytheon.

Rudal ini memiliki rekam jejak cukup panjang. Pasalnya, Javelin hadir dalam perang Afghanistan, perang Iraq, perang saudara di Syiria, dan perang saudara di Lybia.

Mengutip dari laman resmi Lockheed Martin, Jumat (10/8/2020), ada dua strategi ketika menggunakan rudal Javelin. Pertama, rudal ditembakan langsung ke target yang telah terkunci.

Kemudian, setelah diluncurkan, rudal akan melaju dengan sendirinya menuju target. Strategi ini memungkinkan penembaknya bersembunyi setelah meluncurkan rudal.

Strategi yang kedua adalah menembakan rudal Javelin ke atas. Setelah itu, secara otomatis rudal akan menukik tajam ke bawah dan menghancurkan bagian atas tank yang telah ditargetkan. Bagian ini biasanya menjadi bagian terlemah dari tank.

Tidak hanya tank, Javelin juga mampu melawan segala jenis kendaraan berlapis baja, dan pesawat terbang atau helikopter yang masuk ke dalam jangkauan tembak.

Jika ingin mencobanya, rudal Javelin bisa dijumpai di beberapa game perang, semisal Call of Duty: Mobile. Di dalam game, rudal ini bisa digunakan untuk menembak kendaraan dan helikopter musuh yang telah terkunci.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0943 seconds (0.1#10.140)