Gaikindo Persilakan Esemka Garap Pasar Pedesaan

Kamis, 05 Maret 2015 - 14:16 WIB
Gaikindo Persilakan Esemka Garap Pasar Pedesaan
Gaikindo Persilakan Esemka Garap Pasar Pedesaan
A A A
JAKARTA - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mempersilakan produsen mobil rakitan asal Solo, Esemka untuk menggarap pasar automotif pedesaan, seperti yang diinstruksikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Seperti diketahui, Jokowi beberapa waktu lalu menginstruksikan Esemka sebagai produsen mobil rakitan buatan dalam negeri untuk mengembangkan mobil angkutan untuk pertanian. Esemka ditantang untuk memproduksi 500 unit mobil pedesaan dalam satu bulan. (Baca: Esemka Ditantang Produksi Angkutan Pedesaan 500 Unit/Bulan).

"Kami enggak berkomentar, karena itu kan business to business. Silakan saja," ucap Ketua Umum Gaikindo Sudirman MR di kantor Kemenperin, Jakarta, Kamis (5/3/2015).

Menurutnya, Gaikindo sangat terbuka jika ada produsen mobil lokal yang akan dikembangkan. Pihaknya juga mendukung sepenuhnya rencana pengembangan mobil rakitan anak SMK di Solo tersebut.

"Gaikindo sangat terbuka, dari dulu pun ada mobil lokal kita kerja sama. Kita support, mari kita bicara bersama-sama, apa yang bisa digarap bersama," imbuh dia.

Saat ditanya mengenai rekam jejak Esemka yang belum terbilang bagus, Sudirman pun enggan mengomentarinya. Dia berdalih, pihaknya belum pernah menjalin kerja sama dengan Esemka, sehingga tidak bisa mengomentari hal ini.

"Saya tidak tahu track record mereka. Karena kita belum pernah kerja sama. Silakan saja, kita kan pasar bebas. Apalagi di akhir tahun itu, pasar bebas ASEAN terbuka. Kalau dari dalam negeri ada yang bisa buat, ya silakan. Jelas selama itu sesuai ketentuan yang ditetapkan Kemenperin," pungkas Sudirman.

(Baca: Jokowi Jadikan Esemka Mobil Angkutan Pedesaan)
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8921 seconds (0.1#10.140)