Stealth Cleaner, Robot Pembersih Jaring Ikan di Laut

Sabtu, 11 Juli 2020 - 12:14 WIB
loading...
Stealth Cleaner, Robot Pembersih Jaring Ikan di Laut
Stealth Cleaner. Foto/Kystdesign.no
A A A
Membersihkan sebuah benda yang berada di bawah laut merupakan tantangan berat yang dialami oleh banyak nelayan maupun ABK. Kini, tantangan itu tidak seberat yang dibayangkan dengan hadirnya robot pembersih benda di laut.

Alat penangkap ikan atau jaring sering digunakan oleh para nelayan untuk menangkap ikan dalam jumlah besar. Tidak tanggung-tanggung, jumlah ikan yang dapat diangkat ke kapal mampu mencapai ratusan ton, tergantung dari besaran jaring yang digunakan.

Pemakaian jaring ikan yang terlalu sering, khususnya yang ditanam di laut untuk budidaya ikan, akan membuat jaring mudah kotor karena dipenuhi lumut atau kotoran lainnya. Hal ini menyebabkan jaring cepat rusak dan cenderung sulit untuk dilihat. (Baca: Tiga Nutrisi yang Dapat Membantu Sistem Kekebalan Tubuh)

Untuk membersihkan jaring tersebut, perusahaan ROV Norwegia Kystdesign telah memproduksi sebuah alat atau robot yang disebut Stealth Cleaner. Stealth Cleaner memiliki bentuk segitiga yang unik dengan warna kuning menyala.

Mengutip dari laman Newatlas, Stealth Cleaner terhubung dengan kapal pendukung sebagai stasiun basis kontrol. Pengoperasian dari atas kapal akan memudahkan operator untuk menjangkau seluruh area yang diinginkan.

Dikenal dengan sebutan remotely operated vehicle (ROV), mesin ini dapat dioperasikan dari jarak jauh. Semakin panjang kabel yang terhubung, maka semakin pajang pula jarak yang dapat ia tempuh.

Penggunaan Stealth Cleaner dapat dikatakan cukup mudah karena operator dapat melihat jaring yang akan dibersihkan melalui kamera yang terpasang. Operator dapat menggunakannya berkeliling secara berturut-turut melewati jaring yang ingin dibersihkan.

Saat bekerja, Stealth Cleaner akan memompa air melalui nozel pencucian yang berputar di bagian bawahnya. Nozel merupakan alat penyemprot yang dirancang khusus untuk membersihkan noda atau kotoran yang menempel di sebuah benda.

Dengan memanfaatkan tekanan air yang besar, perusahaan Kystdesign mengklaim dapat mengurangi keausan pada jaring. Metode pembersihan ini juga lebih baik dibandingkan dengan metode pembersihan lainnya.

Kabarnya, mesin pembersih berbentuk segitiga ini mampu membuat cakram sudutnya menjadi celah yang mungkin tidak dapat diakses oleh ROV lain. Ini menjadi salah satu kelebihan yang dimiliki oleh mesin buatan Kystdesign. (Baca juga: AS Jual Peralatan Mata-mata ke Korsel)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1587 seconds (0.1#10.140)