Instagram Blokir Konten Terapi Konversi LGBT

Sabtu, 11 Juli 2020 - 14:45 WIB
loading...
Instagram Blokir Konten Terapi Konversi LGBT
Logo Instagram. FOTO/ Ist
A A A
MENLO PARK - Instagram akan memblokir konten yang mempromosikan apa yang disebut "terapi konversi", atau yang bisa diartikan sebagai praktik yang bertujuan mengubah orientasi seksual atau identias gender pada LGBT (Lesbian, gay, biseksual, transgender).

Pemblokiran dilakukan menyusul meningkatnya permintaan untuk melarang praktik tersebut.

Media sosial milik Facebook itu awal tahun ini sudah mengumumkan tidak akan lagi mengizinkan iklan untuk layanan terapi konversi, yang berisis seputar konseling seksual hingga doa untuk menjauhkan diri dari gay.

"Kami tidak mengizinkan serangan terhadap orang-orang berdasarkan orientasi seksual atau identitas gender," ujar Tara Hopkins, direktur kebijakan publik Instagram untuk Eropa, Timur Tengah dan Afrika, dikutip dari Reuters, Sabtu (11/7/2020).

"(Kami) memperbarui kebijakan kami untuk melarang promosi layanan terapi konversi," imbuhnya.

Juru bicara Instagram mengatakan, akan butuh waktu untuk memperbarui semua kebijakan dan konten yang ditandai pengguna kemungkinan tidak segera dapat dihapus.

Bulan lalu, pakar independen PBB tentang orientasi seksual dan identitas gender menyerukan alrangan global terhadap konversi. Mereka menyebut praktik tersebut kejam, tidak manusiawi dan merendahkan martabat.

Saat ini semakin banyak negara termasuk Amerika Serikat, Kanada, Chili dan Meksiko, sedang meninjau undang-undang mereka. Sementara Brazil, Ekuador dan Malta memiliki larangan searanasonal untuk terapi konversi. Jerman malah sudah melarang praktik tersebut pada Mei lalu.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0952 seconds (0.1#10.140)