Penjualan PC Kembali Bangkit di Q2 2020

Sabtu, 11 Juli 2020 - 15:51 WIB
loading...
Penjualan PC Kembali Bangkit di Q2 2020
Ilustrasi kumpulan Laptop. FOTO/ IST
A A A
CALIFORNIA - Industri PC global kembali bangkit pada kuartal kedua 2020, setelah kuartal terlemahnya dalam beberapa tahun terakhir yang sebagian disebabkan karena pandemi virus corona.

Menurut dua lembaga riset pasar yakni Gartner dan IDC, pengiriman PC tumbuh year-on-year pada kuartal kedua 2020. Gartner menyebut pengiriman mencapai 64,8 juta unit, meningkat 2,8 persen dari Q2 2019.

Sementara IDC mengatakan pengiriman global mencapai 72,3 juta unit, yang merupakan 11,2 persen lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Keduanya mengaitkan pertumbuhan tersebut dengan peningkatan produksi PC setelah rantai pasokan terganggu pada kuartal pertama.

Selain itu saat ini permintaan semakin banyak karena banyak orang yang membutuhkan komputer untuk bekerja belajar dari rumah.

"Setelah rantai pasokan PC sangat terganggu pada awal 2020 karena pandemi COVID-19, beberapa pertumbuhan kuartal ini disebabkan oleh distributor dan saluran ritel yang mengembalikan persediaan mereka kembali ke tingkat mendekati normal," kata direktur riset Gartner, Mikako Kitagawa dikutip dari Engadget, Sabtu (11/7/2020).

Segmen PC atau laptop seluler berjalan sangat baik, khususnya, karena pembelajaran jarak jauh dan kebutuhan kerja. Namun, baik Gartner dan IDC ragu bahwa permintaan akan terus berlanjut melampaui 2020.

Kitagawa mengatakan, kenaikan permintaan adalah jangka pendek karena dampak pandemi COVID-19. VP President peneliti IDC Linn Huang pun mengeluarkan pernyataan serupa.

"Dengan inventaris yang masih dipesan kembali, niat baik ini akan berlanjut hingga Juli. Namun, saat kita memasuki resesi global yang lebih dalam, sentimen niat baik akan semakin memburuk." ujarnya.

Mereka juga mencatat bahwa pengiriman PC tradisional melebihi harapan di AS dan di kawasan Eropa, Timur Tengah, dan Afrika (EMEA) kemungkinan karena adanya WFH.

HP dan Lenovo menduduki puncak daftar vendor PC di seluruh dunia, dengan Dell berada di urutan ketiga untuk IDC dan Gartner.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1356 seconds (0.1#10.140)