Tahun Depan NASA akan Jalankan Misi Mencari Aktivitas Tektonik di Venus

Minggu, 12 Juli 2020 - 12:04 WIB
loading...
Tahun Depan NASA akan Jalankan Misi Mencari Aktivitas Tektonik di Venus
Aktivitias teknonik menjadi pondasi munculnya kehidupan di Bumi. Artinya, Venus bisa menjadi contoh yang ideal untuk menggambarkan Bumi di zaman purba. FOTO/ IST
A A A
WASHINGTON - Lembaga Antariksa Amerika Serikat (NASA), berencana menjalani misi ke planet Venus. Tujuannya untuk mencari sistem di sana, karena sejauh ini diketahui cara kerja planet itu sangat berbeda dengan Bumi. BACA JUGA - Bukan Basa-Basi, Nih Bukti Motor 2 Tak Siap Diproduksi Kembali

Misi tersebut bernama VERITAS (Venus Emissivity, Radio Science, InSAR, Topography and Spectroscopy). Jika sesuai rencana, misi ini akan mulai dikerjakan pada musim panas tahun depan.

Mengutip dari IFL Science, Minggu (12/8/2020), ini bukanlah misi yang mudah. Sebab, pesawat yang diterbangkan ke sana akan sulit melakukan penelitian, karena bentuk Venus yang ditutupi oleh awan.

Namun, NASA sudah memikirkan hal tersebut. Pesawat akan dibekali sistem radar dan spektrometer inframerah. “Bumi dan Venus lahir hampir bersamaan, tetapi menempuh jalur evolusi yang berbeda,” jelas Suzanne Smrekar, peneliti VERITAS di Jet Propulsion Laboratory NASA. BACA JUGA -Nggak Ngebul dan Berisik, Motor 2 Listrik Siap Hadir

Dalam penelitian ini, aspek geologis Venus menjadi kunci utama. Tujuannya untuk mengetahui keberadaan gunung berapi di sana, dan indikasi aktivitas tektonik awal.

Pasalnya, aktivitias teknonik menjadi pondasi munculnya kehidupan di Bumi. Artinya, Venus bisa menjadi contoh yang ideal untuk menggambarkan Bumi di zaman purba.

Ide penelitian ini tidak hanya sebagai pembandiny dengan Bumi, tetapi karena para ilmuwan telah menemukan banyak planet yang memiliki ukuran serupa Bumi di luar tata surya.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0949 seconds (0.1#10.140)