alexametrics

Nissan Tua Ini Pernah Ikut Balapan Terbrutal di Dunia

loading...
Nissan Tua Ini Pernah Ikut Balapan Terbrutal di Dunia
Nissan Datsun ini pernah ikut Balapan Terbrutal di Dunia. FOTO/ IST
SYDNEY - Nissan pernah berpartisipasi dalam balapan terekstrim dan terpanjang di dunia dalam debutnya pada ajang balapan internasional. Tak hanya mencengangkan penggemar dengan melampaui garis finish dan menang di kelasnya.

Di tahun 1958, Nissan mengikuti balapan internasional pertamanya di Australian Rally (nama resmi: 1958 Around Australia Mobilgas Trial), yang diadakan pada 20 Agustus hingga 7 September. Kontes ini merupakan kontes dengan rute terpanjang di dunia pada masanya, di mana ketahanan mesin diuji oleh rute sepanjang 16.000 kilometer yang mengelilingi benua Australia searah jarum jam. BACA JUGA - Konsultan WHO asal China Bersaksi COVID-19 Hasil Persekongkolan Jahat



Balapan dimulai dari Sydney, dan peserta akan kembali melewati Sydney menuju Melbourne untuk mengakhiri uji ketahanan tersebut. Rute balapan ini didesain untuk menguji mobil serta pengendaranya sampai pada batas maksimal ketahanan mereka. Oleh karena itu, penyelenggara acara melarang siapapun selain kru untuk menangani mobil-mobilnya, serta menyegel semua mesin utama dan komponen transmisi, sehingga apabila mobil ditemukan dalam kondisi berbahaya, mobil tersebut langsung dieliminasi dari acara. BACA JUGA - Bukan Basa-Basi, Nih Bukti Motor 2 Tak Siap Diproduksi Kembali

Untuk memberikan gambaran detil mengenai balapan tersebut, hanya terdapat satu jalan memutar yang kontroversial melewati dua kota pesisir, Jurien Bay dan Green Head. Rute ini memaksa para peserta untuk menempuh bukit pasir, rawa-rawa, dan perairan berbahaya dengan kedalaman 1 meter. Sesuai dengan peraturan, semua pengendara wajib memiliki pemadam api, peralatan P3K, dan persediaan makanan dan minuman selama 1 minggu.



Pada akhir balapan yang menyebabkan luka dan cedera, patah tulang, bahkan kematian – hanya 36 dari 67 mobil yang berhasil menyelesaikan balapan tersebut. Dunia balapan pada saat itu dikejutkan oleh keikutsertaan Nissan, yang diwakilkan oleh Datsun 1000 Sedan (model 210) yang memenangkan balapan tersebut pada kelasnya (Kelas A untuk kendaraan 1 liter atau kurang dari itu).
halaman ke-1 dari 2
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
KOMENTAR ANDA
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak