5 Raja Kerajaan Singasari, Nomor 1 Paling Kontroversial dan Melegenda

Selasa, 03 Januari 2023 - 14:56 WIB
loading...
5 Raja Kerajaan Singasari, Nomor 1 Paling Kontroversial dan Melegenda
Kerajaan Singasari merupakan Kerajaan bercorak Hindu-Budha yang didirikan oleh Ken Arok pada 1222 Masehi. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Kerajaan Singasari adalah kerajaan bercorak Hindu-Buddha yang didirikan oleh Ken Arok pada 1222 Masehi. Lokasi dari Singasari sampai saat ini diperkirakan terletak di daerah Singasari, Malang, Jawa Timur.

Sejarah berdirinya Singasari tertulis dalam 2 kitab yakni Kitab Pararaton dan Negarakertagama. Diceritakan bahwa Singasari ini mulanya bernama Tumapel dengan kutaraja sebagai ibu kotanya.

Dalam pergantian nama kerajaan dari Tumapel menjadi Singasari terdapat beberapa pendiri yang sekaligus menjadi seorang rajanya.

Baca juga : Asal Usul Nama Ken Arok, Raja Pertama Kerajaan Singasari

Berikut lima raja dari Kerajaan Singasari sejak awal berdiri.

1. Ken Arok (1222-1227)

Ken Arok merupakan raja pendiri sekaligus raja pertama dari Singasari. Disebutkan dalam kitab Pararaton bahwa Ken Arok adalah anak dari Dewa Brahma yang lahir dari seorang wanita desa Pangkur, selatan Gunung Kawi.

Ken Arok menjadi seorang Raja selama lima tahun yakni dari tahun 1222 hingga 1227. Berhentinya Ken Arok dari jabatanya karena ia dibunuh oleh seorang budak atas perintah Anusapati.

Anusapati sendiri merupakan anak Tunggul Ametung yang dikandung Ken Dedes sebagai bentuk balas dendam karena Ken Arok telah membunuh ayahnya.

2. Anusapati (1227-1248)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4968 seconds (0.1#10.140)